Rabu 19 Aug 2020 09:36 WIB

Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Usus Hingga Kulit

Ada sejumlah manfaat yang terkandung di dalam buah naga dan baik bagi kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Ada sejumlah manfaat yang terkandung di dalam buah naga dan baik bagi kesehatan (Foto: ilustrasi Buah Naga)
Foto: Pexels
Ada sejumlah manfaat yang terkandung di dalam buah naga dan baik bagi kesehatan (Foto: ilustrasi Buah Naga)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah naga tak hanya memiliki warna yang cantik dan bentuk yang unik. Di balik itu semua, ada sejumlah manfaat yang terkandung di dalam buah naga.

Memiliki sisik lancip, buah ini kerap dinamai buah kaktus atau pir stroberi. Cara memakannya juga cukup mudah, kita bisa memotongnya atau menyendoknya langsung seperti menyantap buah kiwi.

Baca Juga

Dilansir di laman prevention, Rabu (19/8), Roxana Ehsani, MS, RD, CSSD, LDN, Ahli Gizi Terdaftar dan Juru Bicara Media Nasional untuk Akademi Nutrisi dan Diet, mengatakan, satu buah naga mengandung sekitar 60 kalori. Buah tropis ini juga merupakan sumber magnesium dan vitamin C yang baik.

"Ini adalah jenis buah yang sangat umum ditemui di toko kelontong buah, dan buah ini harus dicoba," ujar Ehsani.

Ehsani mengatakan, buah naga mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan likopen. Beta-karoten diubah menjadi vitamin A ketika dicerna, yang bisa membantu kulit sehat dan sistem kekebalan tubuh. Tidak heran bila buah naga bisa menangkal penyakit kronis, seperti kardiovaskular, kanker, hingga katarak.

Dengan kandungan sehatnya, buah naga juga memiliki sejumlah manfaat lain. Berikut manfaat buah naga.

photo
(Foto: ilustrasi Buah Naga) - (Pexels)

Menyehatkan usus

Satu potong buah naga dapat mengandung hingga 7g serat. Makan sepotong buah naga sudah memenuhi sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan (25-30g).

Jumlah ini ampuh seperti untuk membersihkan usus. Jika sembelit, potong dan nikmati buah naga sebagai solusinya.

Baik untuk jantung

Buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik bagi jantung. Dalam omega-3 juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, nyeri sendi, hingga depresi.

Menjaga kesehatan tulang

Buah naga mengandung banyak magnesium sehingga dapat menjaga kesehatan tulang, terutama pada wanita pascamenopause.

Memperlancar aliran darah

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah yang mengandung banyak zat besi. Hal ini penting untuk produksi hemoglobin yang membantu sel darah merah dalam menggerakkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Menyehatkan rambut, kulit, dan kuku

Buah naga juga mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi bisa merangsang pertumbuhan rambut dan secara bersamaan mendukung kulit dan kuku yang sehat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan tinggi vitamin C di dalam buah naga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, antioksidan yang dikandungnya juga bisa melawan stres oksidatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement