Rabu 19 Aug 2020 07:19 WIB

9 dari 10 Universitas Pencetak Miliarder Berasal dari AS

Satu universitas lainnya berasal dari Inggris.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
9 dari 10 Universitas yang Mencetak Miliarder Berasal dari AS. (FOTO: Reuters/Lindsey Wasson)
9 dari 10 Universitas yang Mencetak Miliarder Berasal dari AS. (FOTO: Reuters/Lindsey Wasson)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Universitas memiliki reputasi yang baik apabila mencetak orang-orang hebat seperti miliarder, politikus ataupun orang-orang terkenal lainnya. Berdasarkan riset dari Wealth-X, ada sepuluh universitas yang paling banyak mengeluarkan dan mencetak orang sukses.

Penelitian ini mengambil data dari para miliuner yang diketahui lulus dari universitas tersebut. Mereka lalu mengestimasi berapa banyak miliarder yang lulus dari sana.

Baca Juga: Miliarder Silicon Valley Keciduk Jalan-Jalan di Tengah Pandemi

Berdasarkan riset yang dirilis Wealth-X di 2019, sembilan dari 10 universitas yang menghasilkan paling banyak miliarder berlokasi di Amerika Serikat. Sementara satu berasal dari Inggris.

Meski demikian, kebanyakan lulusan sukses tersebut terdaftar memiliki kekayaan bersih paling tidak USD30 juta atau sekitar Rp 446 miliar yang disebut sebagai UHNW (Ultra High Net Worth Individual).

Meski banyak yang menganggap orang-orang tersebut menjadi miliarder berkat kekayaan orang tua mereka, namun riset mengatakan sebaliknya. Berdasarkan riset tersebut, 79 persen UHNW dari Harvard adalah miliuner yang mendapatkan kekayaannya dari usaha sendiri.

Sedangkan 15 persen miliuner meraih kesuksesan karena campuran dari usaha sendiri dan warisan. Sementara hanya 6 persen yang menjadi kaya hanya karena pemberian orang tua.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement