Rabu 19 Aug 2020 00:14 WIB

Manfaat Minum Kopi untuk Atlet Renang

Kopi beri dampak positif untuk performa olahraga, salah satunya berenang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kopi beri dampak positif untuk performa olahraga, salah satunya berenang (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Pixabay
Kopi beri dampak positif untuk performa olahraga, salah satunya berenang (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kafein, bahan kimia dalam kopi, memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Berbagai studi telah membuktikan bahwa minum kopi berkaitan dengan peningkatan kewaspadaan, perbaikan suasana hati, dan penambahan energi.

Kopi juga memberikan dampak positif terhadap performa olahraga. Khusus untuk perenang, minum kopi bisa memberikan deretan manfaat berikut, yang dikutip dari laman Swimming World Magazine, Selasa (18/8).

Baca Juga

Daya tahan

Organisasi Nutrisi Olahraga Internasional menyoroti, manfaat kafein berlaku langsung untuk perenang, terutama yang aktif melakukan latihan ketahanan ekstrem. Kafein juga meningkatkan daya tahan selama latihan intensitas tinggi.

Terutama, latihan yang dilakukan secara berkelanjutan dan untuk menguji kinerja dan waktu ketahanan atlet. Supaya mendapat efek tersebut, kafein perlu dikonsumsi dalam dosis rendah hingga sedang secara moderat.

Energi

Kopi dan kafein terkenal karena kemampuannya meningkatkan energi dalam tubuh. Saat kafein memasuki aliran darah, tubuh bereaksi dengan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, juga melepaskan hormon adrenalin.

Pelepasan bahan kimia ini memicu respons "lawan atau lari", mempersiapkan tubuh menghadapi apapun. Bagi perenang, ini kunci untuk bersiap dalam latihan besar atau kompetisi, juga dapat meningkatkan respons adrenal tubuh.

Kesehatan

Kafein yang terkandung dalam secangkir kopi tanpa tambahan apa-apa jauh lebih sehat daripada banyak sumber kafein lain yang kaya gula. Ditambah lagi, kopi kaya antioksidan, yang membantu mengurangi stres oksidatif.

Secara keseluruhan, kopi adalah salah satu pilihan yang lebih sehat dalam hal asupan kafein. Mengonsumsi kopi sebelum latihan atau persiapan kompetisi bisa memberikan manfaat peningkatan kesehatan bagi perenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement