Selasa 18 Aug 2020 20:21 WIB

Dinasti Baru Koeman di Barca, Target Pertama Van De Beek

Koeman mengkritisi situasi Barcelona yang terlalu memaksakan para pemain uzur.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek.
Foto: EPA-EFE/Kiko Huesca
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Barcelona belum secara resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai suksesor Quique Setien di Estadio Camp Nou. Namun, rumor kehadiran Koeman begitu kuat, dan peresmiannya dinilai tinggal menunggu waktu saja.

Dalam beberapa hari terakhir, Koeman santer dilaporkan bakal kembali ke klub yang telah membesarkan namanya. Itu setelah Barca mengalami serangkaian hasil minor di sepanjang kompetisi 2019/2020.

Baca Juga

Di bawah besutan Setien, Barca gagal tampil maksimal. Sosok pengganti Ernesto Valverde itu bahkan tak mampu mendatangkan satu trofi pun untuk klub berjuluk Los Azulgrana.

Barcelona disingkirkan Atletico Madrid di Copa del Rey, kalah bersaing di level domestik dari Real Madrid, dan tampil nyungsep ketika bentrok dengan Bayern Muenchen di Liga Champions. Manajemen Barca langsung memutuskan kerja sama dengan Setien.

photo
Ronald Koeman - (AP Photo/Rui Vieira)

Hasilnya, nama Koeman menyeruak ke permukaan. Pria yang kini menjabat sebagai pelatih timnas Belanda digadang-gadang menjadi sosok favorit di kursi panas Barca, bersaing dengan Mauricio Pochettino.

Kini menurut Le10Sport dikutip Sportskeeda, Selasa (18/8), Koeman telah mengarahkan pandangannya untuk mendatangkan beberapa pemain baru ke Estadio Camp Nou.

Demi meremajakan skuat Barca, pelatih berusia 57 tahun itu bakal mendesak pihak klub mendatangkan gelandang tengah Ajax Amsterdam, Donny van de Beek. Koeman mengeklaim, Van de Beek menjadi prioritas utamanya di samping Georginio Wijnaldum.

Apabila Koeman benar-benar merapat ke Los Cules, dan sekaligus membawa Van de Beek, maka sang pemain bakal kembali bereuni dengan mantan rekan setimnya, Frankie de Jong, yang lebih dahulu merapat ke tim pemilik 26 titel La Liga Spanyol.

Gelandang berusia 23 tahun itu memang menjadi primadona untuk klub elite Eropa sejak dua musim terakhir. Selain Barca, Real Madrid, dan Manchester United sangat tertarik mengamankan servis Donny van de Beek.

Sebelumnya, Koeman sempat mengkritisi situasi Barca yang terlalu memaksakan para pemain yang telah uzur, seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, Luis Suarez, pun Lionel Messi.

Koeman menilai, Barca saat ini membutuhkan perubahan pun regenerasi pemain di dalam skuat. Alhasil, dengan kedatangan Koeman bukan tidak mungkin nasib para pemain tersebut bakal terancam. Koeman diprediksi bakal lebih menciptakan nuasa de Oranje di skuat La Blaugrana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement