Selasa 18 Aug 2020 18:01 WIB

Kompetisi Matematika EMC Kembali Digelar Tahun Ini

Sistem babak penyisihan (luring) untuk tahun ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Suasana kompetisi matematika internasional secara daring bernama International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC).
Foto: dokpri
Suasana kompetisi matematika internasional secara daring bernama International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses menggelar pagelaran Eduversal Mathematics Competition (EMC) pada tahun 2019, PT Edukasi Universal Indonesia kembali menggelar EMC pada tahun 2020 ini. EMC merupakan ajang kompetisi matematika nasional yang diselenggarakan oleh Eduversal setiap tahun, yang dirancang untuk menarik minat para siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan sistem kompetisi daring.

Tahun ini, pendaftaran EMC dapat diakses di situs http://edumath.id/ mulai tanggal 18 Agustus-10 November 2020. "Ajang EMC akan berlangsung pada tanggal 14 November 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 November 2020. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020," ujar Direktur Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, dalam siaran persnya, Selasa (18/8).

Dwi memaparkan, sistem babak penyisihan (luring) untuk tahun ini ditiadakan karena pandemi Covid-19. Sebagai gantinya peserta akan berkompetisi langsung secara daring dalam satu babak. Adapun pembagian hadiah untuk setiap kelas yakni juara 1 mendapatkan Rp 5 juta, juara 2 mendapatkan Rp 3 juta, dan juara 3 mendapatkan Rp 2 juta. Sedangkan Honorable Mention mendapatkan Rp 1 juta. Total hadiah EMC tahun ini sebesar Rp 78 juta.

"Kami menargetkan sebanyak 7.500 peserta tahun ini," lanjut Dwi.

Pada tahun 2019 lalu, jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3.200 siswa dari seluruh Indonesia. Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11) dengan total hadiah yang dilombakan mencapai Rp 129 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement