Selasa 18 Aug 2020 17:47 WIB

UNS Gelar Virtual Running, Peserta Tertua Usia 71 Tahun

Dari 1.303 peserta yang mengikuti lomba tersebut tiga orang peserta dari Malaysia.

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad
Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sapta Kunta (kedua dari kanan) mengumumkan 10 besar peserta virtual running dalam rangka Dies Natalis ke-2 FKOR UNS, Selasa (18/8).
Foto: Republika/Binti Sholikah
Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sapta Kunta (kedua dari kanan) mengumumkan 10 besar peserta virtual running dalam rangka Dies Natalis ke-2 FKOR UNS, Selasa (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Sebanyak 1.303 peserta mengikuti virtual running yang digelar Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dalam rangka Dies Natalis ke-2 FKOR UNS. Jumlah peserta terdiri atas 1.005 peserta putra dan 298 putri.

Dari 1.303 peserta tersebut ada tiga orang peserta dari Malaysia. Virtual running digelar pada 16 Agustus 2020 pukul 07.00 – 10.00 WIB menggunakan aplikasi Jomrun.

Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sapta Kunta, seluruh peserta yang mengirimkan hasil berlarinya mendapatkan feedback dari panitia berupa analisis kesegaran jasmani berikut rekomendasinya."Seluruh peserta mengirimkan data dari aplikasi Jomrun saat mereka berlari ke panitia dari kejuaraan ini," kata Sapta Kunta saat jumpa pers di Solo, Selasa (18/8).

Sapta Kunta menyebut, ada fakta menarik tentang peserta yang ikut Virtual Running dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-2 FKOR UNS. Berdasarkan data peserta yang diterima panitia, terdapat peserta tertua berusia 71 tahun atas nama Arko Bawono. Peserta yang lahir pada 20 September 1949 tersebut mencatatkan waktu berlari 21 menit 12 detik."Bapak Arko ini sangat menginspirasi kita semua, karena meski usianya sudah 71 tahun tetapi mampu berlari sejauh 2,4 kilometer dalam virtual running ini," jelasnya.

Selain itu, terdapat dua peserta eksekutif terfavorit dalam virtual running tersebut. Keduanya yakni, Budhi Widjajanti yang merupakan istri dari Rektor UNS, Jamal Wiwoho, serta Katharina Ade yang merupakan istri dari Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua."Ibu Budhi Widjajanti dengan nomor FKOR 2.810 yang merupakan istri rektor kami dengan catatan waktu 27 menit 18 detik. Satu lagi nomor FKOR 1.211 atas nama Katharina Ade berasal dari Papua yang merupakan istrinya Rektor Uncen dengan catatan waktunya 19 menit 14 detik," papar Sapta Kunta.

Sapta juga mengumumkan 10 besar peserta virtual running FKOR UNS. Peserta yang masuk 10 besar virtual running dibagi menjadi beberapa kategori. Di antaranya, kategori pelajar/mahasiswa putra dan putri serta kategori masyarakat umum putra dan putri.Catatan waktu tercepat pada kategori pelajar/ mahasiswa putra berhasil diraih peserta nomor FKOR 218 atas nama Moh Gerry Paturhoman asal Sukabumi dengan waktu 7 menit 6 detik. Sedangkan pada kategori pelajar/mahasiswa putri diraih peserta nomor FKOR 326 atas nama Rizqy Hilya asal Kediri dengan catatan waktu 8 menit 26 detik.

Sedangkan, catatan waktu tercepat pada kategori masyarakat umum putra berhasil diraih peserta nomor FKOR 10, Himagika Ganang asal Klaten dengan catatan waktu 6 menit. Sedangkan kategori masyarakat umum putri diraih peserta nomor 736, Yeni Uut Permatasari asal Pacitan dengan catatan waktu 10 menit 43 detik.

Peserta yang masuk 10 besar pada masing-masing kategori berhak mendapatkan pulsa sebesar Rp 100 ribu yang akan dikirimkan panitia ke nomor ponsel pribadi yang sudah tertera pada formulir pendaftaran.

Peserta yang lolos akan dilombakan kembali pada Rabu (19/8) pukul 07.00 WIB secara live streaming Youtube dengan menggunakan aplikasi virtual running Jomrun. Tujuannya, agar peserta yang masuk 10 besar tidak melakukan kecurangan dalam virtual running. Panitia akan mengadu waktu tercepat berlari para peserta. Nantinya, panitia akan menentukan juara 1, 2 dan 3.

Pengumuman juara dilaksanakan Rabu siang pukul 13.00 WIB. Setelah pengumuman dilanjutkan webinar keolahragaan bertajuk "Merdeka Belajar Olahraga" yang diselenggarakan FKOR UNS. Webinar menghadirkan pemateri Dirjen Dikti Kemendikbud RI Nizam, serta dua guru besar FKOR UNS yakni M Furqon dan Agus Kristiyanto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement