Selasa 18 Aug 2020 16:08 WIB

 Lagi, 8 Nakes di Banyumas Positif Covid 19

Seluruh nakes yang posifit covid 19 itu merupakan kategori OTG.

Rep: Eko Widiyatno / Red: Agus Yulianto
Bupati Banyumas Achmad Husein.
Foto: Antara
Bupati Banyumas Achmad Husein.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Penularan Covid 19 di kalangan tenaga kesehatan di Kabupaten Banyumas, masih terus terjadi. Bupati Achmad Husein menyebutkan, terakhir ditemukan lagi 9 tenaga kesehatan yang positif Covid 19. "Seluruhnya, merupakan tenaga kesehatan di puskesmas," ucapnya, Selasa (18/8).

Tenaga kesehatan yang positif Covid 19 tersebut, merupakan nakes di Puskesmas Purwojati sebanyak 6 orang, dan dua orang berasal dari Puskesmas Ajibarang. "Seluruhnya, merupakan kategori OTG (Orang Tanpa Gejala)," kata Achmad.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, mengatakan tambahan 8 nakes positif Covid 19 tersebut, diketahui dari hasil test swab massal yang dilakukan khusus bagi petugas nakes. "Dari temuan ini, kita sudah melakukan tracing untuk melacak kemungkinan penyebarannya. Baik pada keluarganya, maupun lingkungan kerjanya," katanya.

Dia juga menyebutkan, menyusul kasus tersebut, dua puskesmas yang nakes-nya ditemukan positif Covid 19, untuk sementara ditutup. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan, dan memberi kesempatan pada petugas untuk melakukan penyemprotan desinfektan. 

"Masyarakat yang membutuhkan rawat jalan, untuk sementara bisa berobat ke puskesmas terdekat lainnya," katanya.

Sedangkan untuk empat puskesmas yang sebelumnya juga ditutup karena ditemukan kasus Covid pada 9 nakes, saat ini sudah beroperasi kembali. Ketiga puskesmas tersebut, terdiri dari Puskesmas Cilongok, Puskesmas Wangon, Puskesmas Jatilawang dan Puskesmas Somagede. "Empat puskesmas yang kemarin sempat ditutup, mulai hari ini sudah beroperasi lagi," katanya.

Pekan kemarin, program tes swab massal yang dilaksanakan Pemkab Banyumas menemukan 9 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid 19. Kesembilan nakes tersebut, berdinas di empat puskesmas yang kemudian dilakukan penutupan sementara.

Dengan data temuan terakhir ini, secara akumulatif telah ditemukan 38 kasus positif Covid 19 di kalangan tenaga kesehatan. Seluruhnya, merupakan tenaga kesehatan yang bekerja di lingkungan puskesmas.

Dalam tes swab massal awal Juli 2020, ditemukan delapan nakes terdiri dari tiga orang dokter dan lima orang perawat yang positif Covid 19. Setelah itu, juga ditemukan lagi 11 tenaga kesehatan yang dipastikan positif. Kemudian pada Agustus 2020 ini, secara bertahap ditemukan 9 nakes dan 8 nakes yang kembali dinyatakan positif.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid 19 Banyumas, hingga saat aaat ini ada sebanyak 53 pasien Covid 19 yang masih dalam perawatan di rumah sakit. Jumlah tersebut, merupakan bagian dari 253 kasus Covid 19 yang ditemukan sejak April 2020 lalu. Selain  190 orang sudah dinyatakan sembuh, ada sebanyak 6 orang yang meninggal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement