Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Waspadai Penularan Covid di Rumah

Selasa 18 Aug 2020 15:05 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

Virus corona (ilustrasi).

Virus corona (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Anggota keluarga harus terus mengingatkan bila abai dalam penerapan protokol covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Beberapa penambahan kasus positif covid-19 di Sumatera Barat akhir-akhir ini terpantau hasil tracking yang menunjukkan adanya penularan virus corona jenis baru ini di rumah. Kasus positif yang terkonfirmasi sebelumnya kontak dengan anggota keluarga.

"Keluarga harus memastikan pergerakan orang-orang di dalamnya untuk mengantisipasi penularan. Walau di rumah, protokol covid harus tetap diberlakukan," kata Epidemiolog dan juga Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Defriman Djafri kepada Republika.co.id, Selasa (18/8).

Defriman menyarankan, semua anggota keluarga harus transparan dan jujur menyebutkan riwayat perjalanan dan kesehatan. Bila ada gejala atau baru kembali dari perjalanan luar daerah, harus benar-benar disiplin menerapkan protokol covid. Dengan menjaga jarak, cuci tangan secara berkala dan tetap memakai masker di rumah.

Selain itu, antaranggota keluarga juga harus terus mengingatkan bila abai dalam penerapan protokol covid. Begitu juga dengan saling peduli dengan kondisi kesehatan.

Bila tidak begitu, menurut Defriman, akan berakibat fatal bila di sebuah keluarga ada anggota yang dinyatakan positif covid-19. Terlebih, bila dalam suatu keluarga ada lanjut usia atau punya riwayat penyakit bawaan.

"Jangan nanti ada yang positif, baru jujur setelah dirawat. Dan baru menyadari tidak menerapkan protokol covid," ucap Defriman.

Di sejumlah daerah di Sumbar seperti di Kota Solok, Kabupaten Tanah Datar dan sejumlah daerah lainnya, ada beberapa pelajar dan lansia yang tertular covid-19 karena kontak dari anggota keluarga yang sebelumnya dinyatakan positif covid.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA