Selasa 18 Aug 2020 13:18 WIB

Cucu Mantan Presiden Kazakhstan Ditemukan Tewas di London

Aisultan Nazabyev merupakan cucu kesayangan mantan presiden Kazakhstan, Nursultan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Mantan presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev.
Foto: REUTERS/Nicolas Asfonri/Pool
Mantan presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Cucu mantan presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev ditemukan meninggal dunia di London pada akhir pekan lalu. Kematian cucu mantan orang nomor satu di Kazakhstan itu diduga karena gagal jantung.

Aisultan Nazarbayev (29 tahun), diketahui memiliki masalah dengan narkoba. Dia mengakui kecanduan narkoba pada 2017. Aisultan Nazarbayev adalah cucu kesayangan Nursultan Nazarbayev. Dia sedang dipersiapkan untuk menduduki jabatan tinggi dalam pemerintahan.

Baca Juga

Pada 2009, Aisultan Nazarbayev berkuliah di Sandhurst, yang merupakan perguruan tinggi militer bergengsi di Inggris. Dia kemudian memegang jabatan di Kementerian Pertahanan dalam usia muda, tepatnya di awal usia dua puluhan.

Aisultan Nazarbayev dikenal kontroversial karena berani melawan tokoh-tokoh politik terkemuka di negara asalnya. Pada Februari, Aisultan Nazarbayev mengklaim bahwa dia mempunyai bukti korupsi antara Kazakhstan dan Rusia.

Dalam akun Facebooknya, Aisultan Nazarbayev mengatakan bahwa dia sedang mencari suaka politik di Inggris. Dia mengklaim haknya telah dilecehkan oleh ibunya, Dariga Nazarbayev, yang merupakan putri sulung Nursultan dan seorang tokoh politik terkenal di Kazakhstan. Namun, pemerintah menepis klaim tersebut dan mengatakan bahwa Aisultan Nazarbayev mengeluarkan kata-kata kasar di bawah pengaruh narkoba.

Kematian Aisultan Nazarbayev telah dikonfirmasi oleh ibunya. Dalam sebuah pernyataan, Dariga Nazarbayev mengatakan bahwa keluarga sangat terpukul dengan kematian putranya tercinta.

"Keluarga kami hancur karena kehilangan Aisultan, kami meminta privasi pada masa berkabung ini," ujar Dariga Nazarbayev, dilansir Anadolu Agency, Selasa (18/8).

Menurut Daily Mail, Aisultan Nazarbayev pernah menjadi anggota akademi muda klub sepak bola Chelsea. Dia menjadi anggota akademi muda klub sepak bola tersebut atas permintaan Presiden Rusia, Vladimir Putin kepada pemilik klub, Roman Abramovich.

Selain itu, Aisultan Nazarbayev dilaporkan membayar 2 juta dolar AS kepada musisi Kanye West untuk tampil dalam acara pernikahannya pada 2013. Dia menikah dengan Alima Boranbayeca, seorang putri pengusaha terkemuka di Kazakhstan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement