Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Menpora Apresiasi Penampilan Paskibraka 2020

Selasa 18 Aug 2020 13:15 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gita Amanda

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa Bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 1945 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020). ANTARA FOTO/Agus Suparto/Handout/wpa/wsj.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membawa Bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 1945 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020). ANTARA FOTO/Agus Suparto/Handout/wpa/wsj.

Foto: AGUS SUPARTO/ANTARA
Tahun ini Kemenpora tidak melakukan perekrutan anggota Paskibraka dari masing-masing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin memberikan apresiasi kepada tiga anggota Paskibraka, Muhammad Adzan (Nusa Tenggara Barat), I Gusti Agung Bagus Kade Sanggara Wira Adhinata (Bali), dan Indrian Puspitasari Ramadhani (Aceh) yang hari ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik mengibarkan bendera Merah Putih pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara, Senin (17/8) pagi.
 
"Saya senang dan bangga delapan Paskibraka yang dibina oleh Kemenpora, hari ini tiga putra-dan putri kebangaan Indonesia telah dengan baik menjalankan pengibaran bendera pusaka di di puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara. Ini menandakan apa yang mereka persiapkan selama diklat dan pelatihan di Cibubur berjalan sesuai dengan arahan," katanya dalam keterangan pers yang diterima Republika, Senin (17/8).  
 
Zainudin menjelaskan, memang untuk Paskibraka tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini Kemenpora tidak melakukan perekrutan anggota Paskibraka dari masing-masing provinsi. Sebanyak delapan putra dan putri Paskibaraka yang menjalankan tugasnya hari ini adalah mantan Paskibraka tahun 2019.    
 
"Itu adalah tim paskibraka cadangan tahun 2019, jadi 2020 kita tidak ada rekrutmen lagi. Yang tugas tahun ini kita ambil delapan orang dan dipersiapkan dengan matang di Cibubur untuk beberapa hari yang lalu. Tadi sebelum bertugas baru diputuskan pada beberapa jam sebelum dimulai pengibaran bendera, begitu juga dengan penurunan (bendera) sore," ujarnya.
 
"Jadi waktu 2019 mereka sudah ikut, oleh karena itu tidak terlalu sulit bagi mereka. Kami dari Kemenpora siapkan semuanya dengan baik. dan Alhamdulilah untuk pengibaran bendera Merah Putih di puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di Istana Negara berjalan lancar," tambahnya.
 
Rasa bangga juga layak disematkan kepada pembawa bendera pusaka Merah Putih Indrian Puspita Ramadhani (17). Perempuan yang akrab disapa Indri ini kembali terpilih untuk kedua kalinya sebagai anggota Paskibraka.
 
Indrian mencetak sejarah baru karena biasanya menjadi petugas di Istana Negara hanya sekali seumur hidup. Ia adalah siswi SMA Negeri 1 Bireuen, Aceh dari daerah Geulanggang Teungoh, Kabulaten Bireuen, Aceh. Ketika melakukan diklat dan pelatihan Paskibraka di Cibubur waktu lalu, Indri mengaku bangga bisa dipercaya untuk menjadi Paskibraka di tahun ini.
 
"Tentu saya bersyukur kepada Allah, karena tahun ini kembali dipilih untuk menjadi anggota Paskibraka Tahun 2020, apalagi di tengah pendemi Cavid-19 sekarang ini. Semua sudah saya persiapkan, baik itu secara fisik dan mental selama menjalani latihan di Cibubur. Semoga apa yang saya lakukan ini menjadi kebanggan untuk saya, keluarga dan seluruh masyarakat Indonesia," katanya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA