Selasa 18 Aug 2020 10:34 WIB

Menghemat Pengeluaran dari Jajan Kopi

Seseorang bisa lebih kreatif di rumah membuat kopi untuk menghemat pengeluaran.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Seseorang bisa lebih kreatif di rumah membuat kopi untuk menghemat pengeluaran (Foto: ilustrasi membuat kopi sendiri di rumah)
Foto: Hippopx
Seseorang bisa lebih kreatif di rumah membuat kopi untuk menghemat pengeluaran (Foto: ilustrasi membuat kopi sendiri di rumah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cukup banyak orang yang menghabiskan uangnya untuk kopi. Sangat sulit memang untuk tidak menikmati secangkir kopi pada pagi hari. Terlebih, bila membelinya di kedai kopi, banyak pilihan menu dan lebih praktis.

Namun, tanpa sadar, secangkir kopi cukup sering dibeli tanpa melihat pengeluaran. Bahkan bisa menjadi pengeluaran terbesar setiap bulan.

Baca Juga

Menurut laman society19, dikutip pada Selasa (18/8), sebenarnya kopi dan latte seharga 3 hingga 8 dolar AS bisa membuat seseorang lebih hemat jika tidak mengunjungi gerai kopi terus-menerus. Meski terlihat berjumlah kecil, kopi dengan harga demikian bisa menghemat pengeluaran karena bisa dibuat sendiri di rumah.

Seseorang bisa belajar agar lebih kreatif di rumah sambil membuat kopi sendiri untuk menghemat pengeluaran. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran dari jajan kopi.

Beli mesin kopi

Tak harus mesin espresso atau Keuring, penggemar kopi bisa menggunakan mesin kopi dengan harga di bawah 40 dolar AS. Mesin kopi bisa membuat penggemar kopi membeli banyak kantong kopi.

Jelas, itu lebih menghemat uang untuk kopi setiap hari. Ada banyak merek biji kopi berkualitas yang sudah digiling.

Seseorang bisa membuat kopi, mendinginkannya di kulkas, dan meminum kopi keesokan paginya. Atau, bisa juga membuat kopi dengan susu dan krimer favorit.

Meski sepertinya hanya menghabiskan 4 dolar AS untuk membeli kopi panas, tapi membelinya setiap hari membutuhkan biaya 28 dolar AS seminggu, dan 84 dolar AS sebulan. Uang itu tentu bisa dihemat.

photo
(Foto: ilustrasi membuat kopi sendiri di rumah) - (Needpix)

Es kopi botol

Jika pergi ke toko kelontong atau gerai kopi, seseorang bisa menemukan botol es kopi dingin, baik dengan atau tanpa pemanis. Biasanya es kopi botol dijual seharga 10 dolar AS untuk 48 ons.

Penggemar kopi bisa membeli botol atau mug sendiri, kemudian membuat kopi beberapa menit sebelum pergi bekerja atau keluar rumah. Ada banyak pilihan susu yang bagus untuk krim.

Dengan menggunakan botol sendiri, kita tak perlu khawatir es mencair atau kepanasan saat membawa dari rumah. Sebab, botol itu akan memastikan kopi tak panas dibawa atau mencair sepanjang perjalanan.

Jajan kopi sebagai hal mewah

Jadikan momen jajan kopi sebagai hal yang mewah. Misalnya, usahakan hanya jajan kopi ketika akan bertemu dengan teman, atau mencoba kedai baru. Kegiatan itu bisa membuat meminum kopi terasa jauh lebih istimewa.

Membuat es latte di rumah

Biasanya, kopi yang paling kita idamkan adalah kopi yang mungkin kita anggap sulit membuatnya di rumah, atau kita tak tahu cara membuatnya. Sebenarnya, membuat es latte sendiri bisa sangat sederhana, cepat, enak, dan menghemat uang setiap hari.

Yang dibutuhkan untuk membuat es latte adalah espresso, susu, dan es. Siapkan juga wadah untuk mengocok latte. Membuat latte hanyalah masalah mengocoknya. Kita bisa meggunakan bubuk espresso instan, tambahkan sesuai selera.

Kemudian, beri 6 sampai 8 ons susu, tergantung seberapa lembut atau kuat latte. Lalu, tambahkan sedikit es dan kocok. Tambahkan gula, sirup biasa, atau sirup dengan rasa, dan nikmati latte buatan sendiri. Cobalah berkreasi dengan seni latte jika memiliki mesin espresso di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement