Selasa 18 Aug 2020 08:45 WIB

Epic Games Klaim Apple Ancam Hapus Unreal Engine dari iOS

Sebelumnya, Apple menghapus Fortnite dari toko aplikasi mereka.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
AppStore. Ilustrasi
Foto: Google
AppStore. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perang antara Apple dan Epic Games kian memanas. Epic mengklaim Apple  akan melarang Unreal Engine dari semua platform Apple. Apple rupanya juga ingin menghapus semua perangkat lunak Epic Games dari platform mereka, termasuk alat pengembangan untuk Unreal Engine

Tampaknya ancaman Apple tidak hanya mencakup gim yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine. Apple kabarnya akan melarang  semua perangkat lunak Epic Games.

Baca Juga

Sesuai klaim Epic Games pekan ini, Apple memotong akses Epic ke semua alat pengembangan yang diperlukan untuk membuat perangkat lunak untuk platform Apple, termasuk untuk penawaran Unreal Engine Epic kepada pengembang pihak ketiga. Apple mengklaim kebijakan ini tidak melanggar aturan Apple apa pun.

Dilansir dari Slashgear, Selasa (18/8), menurut klaim Epic Games pekan ini, bukan konten yang hanya menghapus Fortnite dari App Store, Apple menyerang seluruh bisnis Epic di area yang tidak terkait. Epic Games menyatakan mereka kemungkinan besar akan berhasil berdasarkan klaim mereka terhadap Apple. Namun, tanpa keputusan pengadilan tentang masalah tersebut, Epic akan dirugikan.

Menurut catatan dari Epic Games, masalahnya bisa lebih besar daripada hanya menghapus perangkat lunak Epic Games dari produk Apple.

“Apple secara khusus menyatakan akan menghentikan akses Epic ke alat pengembangan,” ujar pernyataan Epic.

Epic juga mengklaim  Apple memperingatkan mereka akan memblokir upaya rekayasa untuk meningkatkan kinerja perangkat keras dan perangkat lunak Unreal Engine di perangkat keras Mac dan iOS dan mengoptimalkan Unreal Engine untuk Mac terkait alur kerja kreatif.

Epic juga menunjukkan penyebab kerusakan yang akan dikenakan pada gim Fortnite jika genre tersebut tetap dilarang dari App Store. Semua pemain iOS dari gim tersebut akan menjadi usang dalam waktu yang sangat singkat, karena gim multi pemain yang serba daring ini terus berubah.

Sebelumnya, Epic disebut melanggar aturan Apple dengan menempatkan pembelian dalam aplikasi di gim Fortnite mereka. Hal tersebut mengakibatkan Apple menghapus gim Fortnite dari toko aplikasi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement