Selasa 18 Aug 2020 08:14 WIB

UGM Latih Warga Sleman Mandiri Pangan

UGM membantu diversifikasi dan pemenuhan pangan dengan potensi di rumah tangga.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Peternakan lele (ilustrasi)
Foto: Republika/adhi WIcaksono
Peternakan lele (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Fakultas Biologi UGM melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang berfokus kepada penanganan pandemi di Kabupaten Sleman. Pemberdayaan yang dilakukan di desa-desa itu dilaksanakan dengan mengangkat tema besar pangan.

Dekan Fakultas Biologi UGM Budi S. Daryono mengatakan, program mendorong stabilitas pemenuhan pangan keluargan di daerah urban seperti Desa Condongcatur. Lalu, diversifikasi pangan mewujudkan ketahanan di daerah rural di Desa Madurejo.

Baca Juga

Ia menerangkan, program penanganan pandemi Covid-19 ini rencananya dilaksanakan sampai Desember 2020. Melalui program ini, Budi berharap, bisa memberi manfaat guna meningkatkan daya tahan ekonomi dan menstimulus adaptasi kebiasaan baru.

"Program yang ditawarkan sebagai salah satu bentuk penanganan pandemi Covid-19 dari sektor pangan," kata Budi, Kamis (13/8).

Budi menjelaskan, program menjaga stabilitas pemenuhan pangan bagi warga melalui pemanfaatan lahan-lahan sempit atau pekarangan rumah. Terutama, budidaya tanaman pangan lewat integrasi pengolahan sampah rumah tangga jadi pupuk cair organik.

"Program budidaya tanaman pangan dikombinasikan dengan budidaya lele," ujar Budi.

Sedangkan, dalam program diversifikasi pangan pendampingan dilakukan dengan mengedukasi warga tentang budidaya labu susu. Sebelumnya, program ini sudah dilakukan warga Madurejo yang jadi desa binaan sejak tiga tahun lalu.

Selain tentang diversifikasi pangan, warga dilatih mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk cair organik dan pakan ikan lele. Ketua Kelompok Tani Tunas Jaya, Maryanto menyampaikan, pemberdayaan itu memberi ide mewujudkan ketahanan pangan.

"Kami berharap ke depan ada keberlanjutan program yang ditunjang kemandirian benih dan bantuan pemasaran produk olahan tepung labu susu," kata Maryanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement