Senin 17 Aug 2020 18:46 WIB

Detik-Detik Pengibaran Bendera Merah Putih di Kali Ciliwung

Tujuan pengibaran bendera untuk menjaga kelestarian Kali Ciliwung.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan
Peserta mengikuti upacara pengibaran bendera,  di Sungai Ciliwung, GDC, Depok, Jawa Barat, Senin (17/8/2020). Kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Ciliwung Depok tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Foto: ASPRILLA DWI ADHA/ANTARA FOTO
Peserta mengikuti upacara pengibaran bendera, di Sungai Ciliwung, GDC, Depok, Jawa Barat, Senin (17/8/2020). Kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Ciliwung Depok tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Komunitas Ciliwung Depok mengadakan upacara bendera HUT kemerdekaan RI ke 75 di Kali Ciliwung Sekmen Depok di Dermaga Komunitas Ciliwung Depok, Kota Depok, Senin (17/8). Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar komunitas ini.

"Upacara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Komunitas Ciliwung Depok," ujar Anggota Komunitas Ciliwung Depok, Amrih Maulana.

Tampak, sekumpulan orang berbaju putih dan dibalut syal merah putih sebagai petugas pengibar bendera Merah Putih berdiri tegak di pinggir Kali Ciliwung. Suasana hening ketika bendera Merah Putih dikibarkan di tengah Kali Ciliwung dengan tiga petugas pengibar dan didampingi oleh tim penyelamat.

Menurut Maulana, tujuan pengibaran bendera Merah Putih di Kalii Ciliwung diantaranya untuk menjaga kelestarian Kali Ciliwung. "Harapan kita ke Pemerintah Kota (Pemkot) Depok lebih memperhatikan kelestarian Kali Ciliwung," harapnya.

Dia menambahkan, pengibaran bendera tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena kondisi pandemi Covid-19. Bedanya, kondisi jumlah orang yang hadir. "Berbeda dengan tahun lalu, tahun lalu lebih masif banyak orang. Tapi sekarang dibatasi," terang Maulana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement