Senin 17 Aug 2020 18:18 WIB

Gubernur Sumbar: Budayakan Tiga Perilaku Protokol Covid-19

Protokol Covid-19 sebaiknya dilakukan baik di luar maupun dalam rumah.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Foto: Republika/Febrian Fachri
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengimbau warganya agar kembali disiplin menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat diimbau untuk membudayakan tiga perilaku dalam protokol kesehatan, yakni memakai masker dengan benar, selalu menjaga jarak dengan orang lain dan mencuci tangan secara berkala.

"Memasuki era kehidupan normal baru, 3 tiga prilaku masyarakat haruslah menjadi budaya. Prilaku tersebut yaitu menggunakan masker dengan benar, menerapkan physical distancing saat bersosialisasi dan rajin cuci tangan," kata Irwan, Senin (17/8). 

Baca Juga

Menurut Irawan, tiga perilaku ini harus menjadi budaya baru di saat pandemi virus corona belum dapat dihentikan. Sebab, Irwan mengatakan, virus corona belum akan dapat dihentikan sebelum vaksin ditemukan. 

Ia menyebut berdasarkan hasil penelitian dan riset para ahli, menggunakan masker ampuh melindungi diri dari penularan virus corona. Namun, Irwan mengakui, pembukaan fasilitas umum dan tempat keramaian tidak dibarengi dengan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol Covid-19. 

Ia mengatakan warga Sumbar, baik ketika di dalam rumah maupun di uar rumah, sudah tidak lagi patuh memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan. "Masih banyak ditemui pelayan rumah makan yang tidak gunakan masker dengan benar saat melayani konsumen. Mereka kadang asyik ngobrol saat mengambil makanan. Ini perlu dicermati serius pelaku kuliner di Sumbar. Kita dari pemprov pun akan semakin gencar mensosialisasikan penggunaan masker ini," ucap Irwan.

Irwan pun mendorong agar protokol covid tidak hanya dilakukan di luar rumah saja. Sebab belakangan ini, penularan covid-19 ini justru terjadi di rumah di antara anggota keluarga. 

Informasi terbaru hari ini, ada tambahan 28 orang warga Sumbar dinyatakan positif covid-19. Total kasus positif covid di Sumbar sekarang sudah 1.377 orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement