Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

PM Abe Jalani Pemeriksaan Medis

Senin 17 Aug 2020 14:53 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Foto: Rodrigo Reyes Marin/Pool Photo via AP
Abe pergi ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menjalani pemeriksaan medis di Rumah Sakit Universitas Keio Tokyo pada Senin (17/8). Seorang pejabat tinggi menyatakan, Abe mengalami kelelahan karena beban kerja yang besar selama pandemi virus corona.

Kyodo News melaporkan, Abe pergi ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan rutin. Sementara Nippon TV melaporkan, kondisi Abe cukup baik dan tidak mengkhawatirkan. Abe biasanya melakukan pemeriksaan rutin dua kali dalam satu tahun. Pada 13 Juni, Abe melakukan pemeriksaan medis dan kunjungannya ke rumah sakit pada Senin adalah tindak lanjut dari pemeriksaan sebelumnya.

Kantor Abe tidak menanggapi permintaan komentar terkait dengan kesehatannya. Ketua panel pajak Partai Demokrat Liberal, Akira Amari mengatakan, Abe kemungkinan mengalami kelelahan karena intensitas pekerjaan yang semakin padat di tengah pandemi virus korona. Oleh karena itu, Abe perlu beristirahat.

"Saya ingin dia istirahat terlebih dahulu. Dia memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan seringkali merasa bersalah jika mengambil waktu istirahat," ujar Amari dalam program berita Fuji TV.

Abe merupakan perdana menteri periode kedua, karena kembali terpillih pada 2012. Di 2007, ketika Abe menjalani tugas pertamanya sebagai perdana menteri, dia harus berjuang melawan penyakit kolitis ulserativa. Media Jepang telah berspekulasi tentang kesehatan Abe. Majalah mingguan Flash mengatakan, pada 6 Juli Abe sempat muntah darah di kantornya. Namun Reuters tidak dapat mengkonfirmasi laporan itu.

“Saya menemui perdana menteri setiap hari, dan saya pikir dia tidak memiliki masalah (kesehatan) sama sekali, karena dia telah menjalankan tugasnya dengan lancar,” Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan pada konferensi pers 5 Agustus.

Abe telah menyelesaikan tugas rutinnya dalam beberapa pekan terakhir. Dia muncul di hadapan publik pada Sabtu (14/8), pada saat upacara memperingati kekalahan Jepang di Perang Dunia Kedua. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA