Senin 17 Aug 2020 13:28 WIB

Wapres: Semangat Juang Lawan Pandemi Covid-19

Ma'ruf optimistis pandemi Covid-19 akan bisa dilalui bangsa Indonesia dan dunia.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 menjadi momentum bangsa Indonesia membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Karena itu, Ma'ruf mengajak masyarakat memperingati HUT Kemerdekaan RI dengan semangat juang, semangat kesatuan dan persatuan, serta semangat dalam hal bermanfaat. 

Apalagi, bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19. "Semangat juang kemerdekaan ini, juga harus dijadikan landasan untuk melawan pandemi Covid yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tetapi juga sektor sosial dan ekonomi," ujar Ma'ruf dalam akun instagram resminya @kyai_marufamin, Senin (17/8).

Baca Juga

Ma'ruf optimistis pandemi Covid-19 akan bisa dilalui bangsa Indonesia dan seluruh dunia. "Yakinlah, ujian dan cobaan dari Allah berupa Covid-19 yang menimpa seluruh dunia insyallah akan berlalu, fainna maal usri yusron, inna ma'al usri yusro, bahwa bersama dengan kesulitan itu akan ada kemudahan, dan bersama dgn kesulitan itu akan ada kemudahan," ujarnya.

Ia mengatakan, rahmat Allah dekat kepada orang yang berbuat kebaikan untuk bangsa dan negara. Karena itu, apa yang dilakukan para pejuang dab bangsa pantas untuk memperoleh berkat dan rahmat Allah.

"Perjuangan harus dilanjutkan dengan penuh optimisme," kata Ma'ruf lagi.

Pada pagi hari ini, Ma'ruf Amin turut mengikuti upacara peringatan detik detik HUT Kemerdekaan RI mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Dalam situasi pandemi Covid-19 membuat peringatan HUT ke-75 dilakukan dengan peserta terbatas, dan diikuti virtual oleh pejabat maupun tokoh nasional, maupun masyarakat.

Pada upacara HUT Kemerdekaan perdana bagi Ma'ruf Amin sebagai wapres itu, ia mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia berwarna gelap.

Ma'ruf didampingi Wury Ma'ruf Amin tampak serasi mengenakan baju kurung modern dan Songket Tabur. Saat upacara berlangsung, Ma'ruf turut mendampingi Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara. Presiden Jokowi pada upacara kali ini mengenakan baju adat dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Selatan.

Kali ini, upacara detik-detik proklamasi yang diselenggarakan secara sederhana dan terbatas di tengah pandemi itu belangsung khidmat hingga pukul 10.35 WIB. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement