Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Di Mana Shaf Terbaik untuk Wanita dalam Sholat?

Senin 17 Aug 2020 08:46 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Di Mana Shaf Terbaik untuk Wanita dalam Sholat?. Foto: Muslimah shalat. (ilustrasi)

Di Mana Shaf Terbaik untuk Wanita dalam Sholat?. Foto: Muslimah shalat. (ilustrasi)

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Nabi menerangkan posisi shaf wanita dalam sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika shaf terbaik yang dianjurkan agama kepada para lelaki adalah yang paling di depan, berbeda halnya dengan shaf sholat perempuan. 

Dalam buku Pesan-Pesan Nabi untuk Wanita karya Badwi Mahmud Al-Syekh dijelaskan bahwa shaf laki-laki yang terbaik memang ada di depan. Dalam hadis Imam Muslim yang disebutkan bahwa Rasulullah mengatakan: "Shaf terbaik laki-laki ada di depan, sedangkan yang terburuk ada di belakang,".

Baca Juga

"Sebaliknya, shaf shalat perempuan yang paling baik adalah yang paling belakang. Sedangkan shaf yang paling buruk adalah yang paling depan,".

Dijelaskan bahwa, semakin jauh shaf perempuan dari shaf laki-laki maka semakin kecil kemungkinan terkena fitnah. Itulah mengapa shaf terbaik perempuan ada di paling belakang.

Di sisi lain, terdapat beberapa adab yang perlu diperhatikan perempuan di saat menjalankan shalat berjamaah. Yaitu perempuan tdak mengangkat kepada dari rukuk atau sujud sebelum laki-laki mengangkat kepala. Dan sebaiknya keluar masjid terlebih dahulu jika tidak ada pintu khusus untuk masing-masing di dalam masjid ataupun ruangan sholat. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA