Senin 17 Aug 2020 01:03 WIB

Cianjur Larang Warga Gelar Lomba HUT RI Undang Keramaian

Lomba HUT ke-75 RI di Cianjur diminta sesuai dengan protokol kesehatan

Red: Nur Aini
Lomba panjat pinang saat perayaan HUT RI, ilustrasi
Foto: (doc ist)
Lomba panjat pinang saat perayaan HUT RI, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemkab Cianjur Provinsi Jawa Barat melarang warga untuk menggelar perlombaan yang mengundang keramaian selama perayaan HUT ke-75 RI, sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona.

"Silakan menggelar lomba, tapi yang sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak mengundang orang banyak untuk berkerumunan karena rentan terjadi penularan virus berbahaya. Sepakat dengan pusat perlombaan yang mengundang orang banyak tidak diperbolehkan," kata Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Ahad (16/8).

Baca Juga

Ia menjelaskan peringatan hari kemerdekaan tahun ini, Pemkab menjalankan aturan yang diimbau pemerintah pusat, sehingga perlombaan dengan peserta banyak seperti panjat pinang, tarik tambang, dan perlombaan yang membutuhkan tim untuk sementara dilarang.

Pasalnya, ungkap dia, perlombaan yang pesertanya lebih dari dua orang rentan terjadi penularan virus. Hal itu karena peserta tidak dapat menjaga jarak dan tidak menggunakan alat pelindung diri, sehingga kegiatan lomba tersebut tidak sampai digelar selama perlombaan.

"Silahkan selain lomba yang membutuhkan orang banyak di dalamnya, dapat digelar seperti biasa namun tetap mengindahkan protokol kesehatan dan peserta menggunakan alat pelindung diri, sebagai upaya menjaga diri sendiri dan orang lain agar tidak terpapar virus berbahaya," katanya.

Ia menambahkan selama pandemi masih berlangsung pemerintah daerah berupaya untuk menekan angka penularan agar tidak ada lagi kasus Covid-19 di Cianjur. Sosialisasi adaptasi kebiasaan baru bagi warga untuk menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah terus ditingkatkan.

"Semua kalangan harus saling mengingatkan agar menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar, mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah dengan cara menjaga jarak dan tetap menggunakan masker," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement