Ahad 16 Aug 2020 15:37 WIB

UMP Tawarkan Biaya Kuliah Gratis Kepada 750 Mahasiswa Baru

Kebijakan ini diberikan dalam rangka HUT RI ke-75 dan hanya satu semester

Rep: eko widiyatno/ Red: Hiru Muhammad
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Foto: blogspot.com
Universitas Muhammadiyah Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas memberi tawaran menarik bagi mahasiswa baru yang diterima dalam penerimaan mahasiswa baru 2020. Tawaran tersebut berupa biaya kuliah gratis selama satu semester. "Biaya kuliah gratis ini diberikan terbatas hanya pada 750 mahasiswa baru," jelas Rektor UMP Dr Anjar Nugroho, Sabtu (15/8).

Dia menyebutkan, kebijakan ini diberikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI sekaligus membantu warga yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid 19.  ''Biaya SPP gratis untuk satu semester ini, kami berikan pada 750 mahasiswa baru yang melakukan registrasi pada 17-19 Agustus 2020,'' jelasnya.

Menurutnya, UMP selama ini selalu berkomitmen dalam membangun negeri. Terlebih pada pandemi Covid 19 seperti sekarang, dimana wabah ini telah berdampak terhadap banyak sektor.

Dia menyebutkan, selain memengaruhi dunia pendidikan, virus corona juga sangat berdampak pada kondisi ekonomi secara nasional. Kondisi ini membuat sebagian orang tua kesulitan menyekolahkan anaknya, terutama untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.  ''Kami berharap, keringanan yang diberikan UMP ini biasa dimanfaatkan para orang tua yang anaknya mulai memasuki jenjang pendidikan tinggi,'' katanya.

Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP Dr Yudha Febrianta, mengatakan 750 kuota free biaya SPP selama satu semester ini, hanya berlaku bagi calon mahasiswa baru yang melakukan registrasi pada tanggal 17  hingga 19 Agustus 2020. "Saat ini kami telah membuka jalur seleksi masuk UMP melalui nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Jalur UTBK adalah salah satu jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru UMP," katanya.

Sebelumnya, UMP telah membuka seleksi melalui Jalur Minat Prestasi. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, 2018, untuk mengikuti seleksi dengan memilih 35 program studi pada program Diploma dan Sarjana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement