Ahad 16 Aug 2020 10:43 WIB

Cara Pulihkan Otot Setelah Olahraga dengan Musik

Musik dan proses pemulihan otot ternyata memiliki keterkaitan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Musik dan proses pemulihan otot ternyata memiliki keterkaitan (Foto: ilustrasi musik)
Foto: Pixabay
Musik dan proses pemulihan otot ternyata memiliki keterkaitan (Foto: ilustrasi musik)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musik dan proses pemulihan otot ternyata memiliki keterkaitan. Mendengarkan musik yang menenangkan pascaolahraga dapat memberbaiki proses pemulihan otot.

Hal ini diungkapkan dalam studi yang dilakukan tim peneliti dari Brunel University. Lagu-lagu bertempo lambat yang didengar setelah selesai berolahraga dapat membuat proses pemulihan otot segera dimulai.

Baca Juga

Alasannya, saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon stres kortisol. Hormon ini membantu untuk menghasilkan lebih banyak energi sehingga orang yang berolahraga mampu melakukan aktivitas-aktivitas fisik selama berolahraga.

Akan tetapi, terlalu banyak hormon kortisol di dalam tubuh setelah berolahraga dapat memperlambat fase pemulihan otot. Di sini lah musik bertempo lambat atau musik yang menenangkan berperan.

Dalam studi ini, tim peneliti meminta partisipan untuk bersepeda secara intensif dalam jangka pendek. Setelah itu, partisipan diminta untuk mendengarkan musik selama 30 menit.

Hasil studi menunjukkan bahwa tidak mendengarkan musik jauh lebih baik dibandingkan mendengarkan musik bertempo tinggi setelah berolahraga. Sebaliknya, mendengarkan musik bertempo lambat setelah berolahraga dapat menurunkan denyut jantung lebih cepat dan mencegah lonjakan hormon kortisol.

Kondisi tersebut meungkinkan pertumbuhan otot untuk mulai lebih cepat dan lebih efektif. Tak ada musik tertentu yang harus didengarkan, cukup pilih lagu-lagu yang bertempo lambat atau suara-suara menenangkan. Fitur asisten digital pribadi seperti Alexa atau Siri juga bisa dimanfaatkan untuk memutar lagu-lagu yang menenangkan setelah olarhaga.

Seperti dilanris Men's Health, Ahad (16/8), ada rekomendasi lagu atau musik menenangkan yang bisa menjadi referensi. Berikut ini adalah keempat lagu menenangkan terebut.

Judul: Moments in Love

Musisi: Art of Noise

Bpm: 138 bpm

Judul: At the River

Musisi: Groove Armada

Bpm: 136 bpm

Judul: Porcelain

Musisi: Moby

Bpm: 95 bpm

Judul: Teardrop

Musisi: Massive Attack

Bpm: 76 bpm

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement