Ahad 16 Aug 2020 10:31 WIB

Manfaatkan Media Digital Secara Efektif dan Bijak

Komunikator yang efektif harus memulainya dengan mendengar dan menganalisis informasi

Rep: inas widyanuratikah/ Red: Hiru Muhammad
 Seorang guru mencoba mengoperasikan program solusi pendidikan dengan menggunakan digital di Jakarta, Rabu (26/3).  (Republika/Yasin Habibi)
Seorang guru mencoba mengoperasikan program solusi pendidikan dengan menggunakan digital di Jakarta, Rabu (26/3). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Direktur Pembinaan SMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Mulyatsyah mengimbau para siswa untuk menjadi seorang komunikator yang efektif dan mampu memanfaatkan media digital dengan bijak. Menurutnya, banyak informasi yang harus dicermati lebih dulu sebelum disebarluaskan.

"Banyak orang yang asal posting di media sosial namun informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Mulyatsyah dalam kegiatan Komunikasi Digitalisasi Jenjang SMP Tahun 2020, Sabtu (15/8).  

Bagi para siswa yang ingin menjadi seorang komunikator yang efektif dan bijak, kata Mulyatsyah, harus memulainya dengan mendengar dan menganalisis informasi. "Kita harus pilih apakah suatu informasi hoax atau valid. Jangan sampai apa yang kita sebarkan akan menimbulkan keresahan bagi yang membacanya,"

Di dalam keterangan resmi yang diterima Republika, para peserta kegiatan ini mendapatkan materi seperti tentang Motivasi Pengembangan Karakter yang disampaikan oleh motivator Edvan Muhammad Kautsar. Pesan suksesnya adalah mulailah segala sesuatu lebih awal, bangun lebih awal, bangkit lebih awal, belajar lebih awal. Sekalipun bangkrut dan gagal, tidak apa-apa karena bisa bangkit lebih awal agar kesuksesan itu datang lebih awal.

Pemateri selanjutnya adalah Ade Husnul Mawadah yang menyampaikan materi tentang komunikasi dalam membaca, menulis, dan berbicara. Menurut Ade, seorang komunikator yang sukses harus rajin menyimak, rajin membaca, dan pandai menulis.

"Nah, bagi kalian yang ingin sukses menjadi pembicara, kalian juga harus rajin membaca dan menulis, ya. Seorang pembicara yang baik tidak selalu harus menjadi pembicara yang dominan, tetapi ia juga harus menjadi penyimak yang baik," kata dia.

Tahun ini pelaksanaan kegiatan Komunikasi dan Digitalisasi Jenjang SMP berlangsung secara dalam jaringan (daring). Kegiatan ini akan dilakukan untuk empat angkatan, melibatkan 130 siswa SMP di setiap angkatannya.

Angkatan pertama telah dilaksanakan pada tanggal 11-12 Agustus 2020. Angkatan kedua dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus 2020. Angkatan ketiga rencananya akan digelar pada 22-23 September 2020 mendatang dan untuk angkatan keempat akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 September 2020.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement