Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

India dan Nepal Lakukan Komunikasi Kembali

Ahad 16 Aug 2020 02:47 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Peta perbatasan Nepal-India. Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Nepal K. P. Sharma Oli melakukan perbincangan untuk pertama kali pada Sabtu (15/8).

Peta perbatasan Nepal-India. Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Nepal K. P. Sharma Oli melakukan perbincangan untuk pertama kali pada Sabtu (15/8).

Foto: Wikipedia
PM Pakistan menelepon PM India pada Hari Kemerdekaan India

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Nepal K. P. Sharma Oli melakukan perbincangan untuk pertama kali pada Sabtu (15/8). Momen ini baru kembali terjadi sejak pertikaian diplomatik peta dan wilayah yang disengketakan pada awal tahun antar kedua negara.

Kementerian Urusan Luar India menyatakan, Oli menelepon Modi pada kesempatan Hari Kemerdekaan India. Dia pun mengucapkan selamat kepada Modi atas terpilihnya India itu baru-baru ini sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

"Mengingat hubungan peradaban dan budaya yang dimiliki India dan Nepal," ujar Oli kepada Modi dikutip dari pernyataan tersebut.

Nepal menyetujui peta politik negara itu yang mencakup wilayah yang dikuasai oleh India pada Juni lalu. India menolak peta tersebut dengan mengatakan itu tidak didasarkan pada fakta atau bukti sejarah.

Hubungan antara India dan Nepal mulai tegang setelah India meresmikan jalan sepanjang 80 kilometer pada Mei. Jalan ini membentang dari negara bagian utara Uttarakhand ke Lipulekh di perbatasan dengan wilayah Tibet di China, sekitar 19 kilometer di antaranya melewati wilayah Nepal.

Dalam pidato Hari Kemerdekaan, Modi menyerukan perdamaian dan harmoni di Asia Selatan. Dia menyinggung para pemimpin, politisi, dan intelektual harus memenuhi tanggung jawab mereka untuk memastikan pembangunan dan kemajuan di wilayah tersebut.

Kementerian Luar Negeri Nepal menyatakan Oli menyampaikan rasa menghargai atas prioritas baru untuk lingkungan yang didorong oleh Modi. Dia menantikan kerja sama bilateral yang berarti antara kedua negara.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA