Sabtu 15 Aug 2020 21:04 WIB

Webinar NEXT UBSI Kupas Implementasi Scrum 

Implementasi scrum penting untuk mengelola produktivitas pengembangan tim.

Webinar NEXT UBSI menggupas tentang implementasi scrum dalam mengelola produktivitas development team.
Foto: Dok UBSI
Webinar NEXT UBSI menggupas tentang implementasi scrum dalam mengelola produktivitas development team.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sukses mengelar seminar online Notable Expert Talk (NEXT) dengan tema ‘Implementasi Scrum Menggunakan Trello dalam Mengelola  Produktivitas Development Team’. Webinar itu diadakan secara live melalui platform Zoom,  Senin (3/8). 

Nara sumber yang dihadirkan merupakan pakar yang berkompeten di bidang ilmu komputer, yakni Lisnawanty. Ia  selaku kaprodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI Pontianak. 

Pada pemaparannya Lisna menjelaskan bahwa penggunaan scrum untuk mengelola pengembangan produk kompleks sudah dimulai sejak tahun 1990-an. Tujuan penggunaan scrum adalah untuk mengantarkan produk dengan kualitas dan nilai yang tinggi.

“Produktivitas pengembangan tim tentu sangat penting agar target dapat dicapai sesuai dengan tenggat waktu yang ada. Trello menjadi salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur kerja sama tim saat mengelola suatu proyek. Semua rencana kerja dan penyelesaian dapat dilakukan bersama melalui Trello,” ujar Lisna dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Lisnawanty juga memberikan tips untuk penggunaan Trello agar lebih efektif dalam membantu pengelolaan proyek. Trello sendiri memiliki beberapa fitur utama seperti boards, cards, lists, dan menu yang ditujukan untuk mempermudah pengelolaan tugas.

“Penggunaan Trello juga akan lebih mudah untuk melakukan monitoring, mana tugas yang sudah selesai mana yang belum. Progress dari setiap tim juga dapat dilakukan melalui aktivitas daily meeting. Ini menjadi salah satu keunggulan dari penggunaan Trello”, jelasnya. 

Antusiasme datang dari salah satu peserta yang menjelaskan bahwa Trello menjadi solusi untuk perubahan teknis yang terjadi ketika implementasi projek sudah hampir selesai tanpa harus merubah waktu teknis. 

“Scrum tersendiri ditujukan untuk mengerjakan proyek  sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi client dalam kurun waktu satu sprint. Perubahan juga dapat dilakukan sesuai dengan metode yang disepakati di awal. Semua tim harus selalu siap dengan perubahan. Jika perubahan masih dapat diimplementasikan, maka penyesuaian product backlog dapat diupayakan dalam sprint yang sama. Namun jika tidak, maka dapat dikomunikasikan dengan project owner untuk penambahan waktu pada sprint berikutnya,” ujar Rina salah satu peserta webinar ini. 

Ke depannya, UBSI akan terus menyelenggarakan webinar dengan tema menarik lainnya dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya. Webinar yang diselenggarakan gratis ini juga membantu siapa saja untuk dapat memperoleh ilmu tanpa terhalang oleh biaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement