Sabtu 15 Aug 2020 13:44 WIB

Jasa Cat Ulang Sepeda Raup Untung Saat Pandemi

Tarif re-paint sebuah sepeda bervariasi mulai dari Rp600 ribu hingga Rp2 juta.

Para teknisi memperbaiki sepeda milik para pelanggannya
Foto: ANTARA/SEPTIANDA PERDANA
Para teknisi memperbaiki sepeda milik para pelanggannya

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bisnis jasa mengecat ulang sepeda meraup untung semenjak pandemi Covid-19 melanda tanah air. Hal ini seiring meningkatnya minat masyarakat untuk berolahraga termasuk bersepeda.

"Alhamdulillah. Sebelum ada Covid-19 itu konsumen yang datang buat re-paint sepeda-nya paling seminggu itu ada satu tapi sekarang dalam sehari konsumen yang datang bisa mencapai empat," kata Lucky Sufyan Hadi, pemilik bisnis cat ulang dan restorasi sepeda Ukyairbrush, Sabtu (15/8)

Lucky yang memiliki workshop cat ulang sepeda Kawasan Dipatiukur Jalan Haur Pancuh Nomor 57a, RT01 RW04, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung ini mengatakan semenjak pandemi Covid-19 usaha yang ditekuninya sejak tahun 2016 mulai ramai.

"Pokoknya setelah PSBB dilonggarkan, itu konsumen yang datang bukan hanya dari Bandung saja tapi ada dari Kadipaten, (Kabupaten) Majalengka. Nah, yang dari Kadipaten itu, sekalinya datang ke sini bawa empat sepeda buat di repaint," kata Lucky.

Ia mengatakan ada banyak tantangan yang dihadapinya dalam menjalankan usahanya tersebut terlebih sepeda konsumen yang ingin dicat ulang merupakan jenis sepeda zaman dahulu.

"Jenis sepeda yang minta di-repaint oleh konsumen itu ada seli (sepeda lipat), sepeda federal, London Taxi sampai ke sepeda jadul," kata dia.

Selain itu, lanjut Lucky, tantangan lain yang dihadapi ialah proses re-paint sebuah sepeda yang membutuhkan waktu cukup lama yakni pengecatan ulang satu sepeda bisa memakan waktu satu bulan lebih.

"Tantangan lainnya ya itu, kadang konsumen tidak sabaran. Mereka masih menganggap kalau re-paint itu tinggal mengecat ulang saja sepeda tapi butuh waktu yang lama supaya hasilnya bagus," kata dia.

Sepeda yang di cat ulang, harus dibongkar terlebih dahulu, kemudian mengerik cat lamanya baru di cat ulang mulai dari cat dasar, cat transparan, dibersihkan kembali, kemudian dicat kembali hingga dikeringkan.

Tarif re-paint sebuah sepeda bervariasi mulai dari Rp600 ribu hingga Rp2 juta. Tarif ini dipatok berdasarkan jenis dari sepeda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement