Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Pirlo Tertarik Gunakan Formasi Tiga Bek Tengah di Juventus

Sabtu 15 Aug 2020 01:20 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Yudha Manggala P Putra

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo.

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo.

Foto: EPA/PETER POWELL
Sejumlah pemain Juventus sudah tidak asing dengan formasi ini.

REPUBLIKA.CO.IDTURIN -- Setelah resmi menjadi pelatih Juventus, publik bertanya-tanya bagaimana kinerja Andrea Pirlo. Butuh waktu untuk menjawab rasa penasaran tersebut. Satu yang pasti, sang allenatore tentu saja memiliki perencaan mengenai format yang bakal dipakai. Beredar kabar, Pirlo ingin menerapkan formasi tiga bek di Bianconeri.

"Menurut Gazzetta, Pirlo terbuka untuk kembali memakai sistem yang terbukti sukses saat Juve dilatih Antonio Conte dan sesekali di era Massimiliano Allegri itu," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Sabtu (15/8).

Kebetulan sejumlah palang pintu si Nyonya Tua, tidak asing dengan pakem ini. Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci orang lama yang sering tampil dalam formasi tiga bek tengah. Matthijs de Ligt bakal absen hingga November. Jugador tim nasional Belanda itu sedang menjalani pemulihan dari cedera bahu.

"Merih Demiral dan Cristian Romero juga berpengalaman bekerja dengan sistem tiga bek tengah," tambah laporan dari Football Italia.

Sementara Daniele Rugani kemungkinan besar bakal dijual. Danilo da Silva dan Alex Sandro bisa saja memainkan peran baru sebagai bek tengah. Tetapi segala sesuatu dapat berubah sewaktu-waktu. Saat ditempatkan kembali ke pos bek sayap, keduanya diberi kebebasan untuk menyerang.

Belakangan formasi tiga bek tengah kembali populer di Serie A. Inter Milan, Atalanta, Lazio, dan Hellas Verona memakai sistem ini. Menjelang berakhirnya Serie A musim 2019/2020, AS Roma mencoba menggunakan tiga bek tengah di belakang.

Hasilnya terlihat perubahan positif. Di era Sarri, Juventus menggunakan formasi 4-3-3. Gawang Bianconeri kebobolan 43 gol di Serie A.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA