Jumat 14 Aug 2020 20:15 WIB

Brigjen Pol Dr Ahmad Wiyagus Promosi Bintang Dua

Alumni Akpol tahun 1989 ini juga dipercaya menjadi Kapolda Gorontalo.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Brigjen Pol Ahmad Wiyagus (kiri)
Foto: Dok. Humas Polda Jabar
Brigjen Pol Ahmad Wiyagus (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi, memimpin upacara sertijab Wakapolda Jabar dan sejumlah pejabat utama. Jabatan orang nomor dua di Polda Jabar diserahterimakan dari Brigjen Pol Dr Ahmad Wiyagus kepada Brigjen Pol Drs Eddy Sumitro Tambunan yang sebelumnya Wakapolda Kaltim. Sertijab berlangsung di Aula Moeryono, Mapolda Jabar, Jumat (14/8). 

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Brigjen Pol Dr Ahmad Wiyagus atas dedikasi dan loyalitasnya," kata Kapolda dalam sambutannya.

Setelah melepaskan jabatannya sebagai Wakapolda Jabar, Ahmad Wiyagus, alumni Akpol tahun 1989 ini mendapat promosi bintang dua dan dan dipercaya sebagai Kapolda  Gorontalo. Ahmad Wiyagus merupakan perwira tinggi polisi yang lama berkecimpung di dunia reserse. 

Bahkan sebagian besar kariernya, mulai dari pamen hingga pati dihabiskan di Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Bareskrim Polri dan ernah menangani sejumlah kasus korupsi kelas kakap di negeri ini.

Di Direktorat ini, Wiyagus yang juga Ketua Umum PBSI Jabar ini, bertugas selama empat tahun (2010-2014)  hingga menjabat Direktur Tipidkor Bareskrim Polri. Sebelum bertugas di Tipidkor, jenderal bintang satu kelahiran Kota Tasiklamaya 1967 ini pernah berkirah sebagai penyidik KPK hingga menduduki jabatan Direktur Pengaduan Masyarakat di lembaga antirasuah tersebut. Selepas menjabat Direktur Tipidkor ia dipercaya sebagai Wakapolda Maluku (2018) kemudian Wakapolda Jabar (2019).

Selain jabatan Wakapolda, Kabid Humas, Kabid Dokkes, dan Kapolres Cianjur berganti jabatan. Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Drs Saptono Erlangga Waskitoroso beralihtugas menjadi Kabagrenmin Divhumas Polri dan sebagai penggantinya adalah  Kombes Pol Erdi Adrimurlan Chaniago, SIK yang sebelumnya menjabat Kabagrenopsnal Robinopsnal Bareskrim Polri.

Sementara itu Kabid Dokkes Polda Jabar Kombes Pol dr Arios Bismark, beralihtugas menjadi Kabid Dokkes Polda Aceh dan sebagai penggantinya adalah Kombes Pol dr Adang Azhar, yang sebelumnya menjabat Kabid Dokkes Polda Riau. Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, SIK, beralihtugas menjadi Wakapolresta Yogyakarta, dan sebagai penggantinya  AKPB Mochamad Rifai, SIK, yang semula menjabat Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jabar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement