Jumat 14 Aug 2020 20:04 WIB

Polisi Terima Info 3 Jasad WNI Diturunkan dari Kapal China

Tiga jasad itu diturunkan dengan menyewa perahu kecil dan jenazah dibawa ke RS Batam.

Aparat gabungan TNI dan Polri melakukan evakuasi terhadap jenazah ABK WNI yang diduga tewas akibat penganiayaan di kapal berbendera China (ilustrasi).
Foto: Antara
Aparat gabungan TNI dan Polri melakukan evakuasi terhadap jenazah ABK WNI yang diduga tewas akibat penganiayaan di kapal berbendera China (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menyelidiki kasus pengiriman tiga mayat anak buah kapal warga negara Indonesia yang diturunkan dari kapal berbendera China. Jenazah tiga ABK itu dikabarkan dikirim ke rumah sakit di Kota Batam.

"Kami mendapatkan informasi dari masyarakat, yang mengatakan ada orang yang menyewa pancung (perahu) yang digunakan untuk menjemput mayat," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Arie Dharmanto di Batam, Jumat.

Baca Juga

Pancung yang disewa itu menjemput tiga mayat yang diturunkan dari kapal China, batas perairan internasional di Perairan Batam pada tengah malam. Setibanya di pelabuhan, tiga mayat itu kemudian dibawa ke rumah sakit.

Dari informasi itu, katanya, pihak polisi curiga. Apalagi terdapat kasus serupa yang terjadi beberapa waktu sebelumnya seorang WNI yang ditemukan di kotak es di kapal asing. "Dari pengalaman tersebut, kami mau cek, apakah ini juga hal yang sama dilakukan kapal sebelumnya," katanya.

Ia menyatakan pengiriman tiga mayat itu melanggar pasal 93 UU 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan pasal 181 KUHP, yaitu membawa mayat dengan niat disembunyikan dan penelantaran. "Seharusnya mayat tersebut kalau memang telah terjadi kecelakaan atau mengakibatkan orang meninggal melalui proses ketentuan birokrasi yang diatur UU," kata Dharmanto.

Hingga kini pihaknya masih menunggu hasil autopsi yang tengah dilakukan tim.

"Kejahatan ini menyangkut harkat hidup manusia. Kita mengharai orang tidak hanya saat hidup saja. Seorang yang sudah meninggal jangan ditelantarkan begitu saja," kata Dharmanto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement