Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

IPB Terima 1.500 Calon Mahasiswa Melalui Jalur SBMPTN

Jumat 14 Aug 2020 17:46 WIB

Red: Irwan Kelana

Kampus IPB University, Bogor.

Kampus IPB University, Bogor.

Foto: ANTARA
Angka ini sekira 35% dari total mahasiswa baru IPB University program sarjana.

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Setelah Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan pada pada 5-17 Juli dan 20-25 Juli 2020 lalu, hari ini, Jumat (14/8), Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).  Sebagaimana diketahui, UTBK adalah ujian tertulis untuk mendapatkan skor yang kemudian skor tersebut dipakai dalam proses seleksi SBMPTN.  Sertifikat UTBK dapat diunduh pada 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB

Pada jalur SBMPTN tahun ini, IPB University menerima sebanyak 1.500 mahasiswa. Angka ini sekira 35 persen dari total mahasiswa baru IPB University program sarjana yang diseleksi melalui berbagai jalur. Registrasi bagi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN ini akan dilaksanakan secara online mulai tanggal 17 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria menyampaikan ucapan selamat datang kepada para calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN ini. "Selamat bergabung dengan keluarga besar IPB University. Siapkan diri untuk dididik menjadi kader-kader pemimpin dan pejuang pertanian di masa depan, " ungkapnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Rektor berpesan kepada peserta yang belum berhasil diterima IPB, bisa mencoba lagi melalui jalur seleksi Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK).

Sebelumnya sebanyak 1835 mahasiswa baru IPB University diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 8 April 2020 lalu.  IPB University juga menerima mahasiswa baru program sarjana (S1) dari jalur mandiri masing-masing sebanyak 296 orang melalui Jalur Ketua OSIS;      79 orang melalui jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) yang hasil seleksinya telah diumumkan  pada 30 April;  jalur Kelas Internasional Gelombang I yang telah diumumkan hasil seleksinya pada 4 Juni sebanyak 79 orang;  serta jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) sebanyak 168 orang yang hasil seleksinya telah diumumkan pada 24 Juli.

Sementara untuk seleksi masuk program diploma (D3) di Sekolah Vokasi, IPB University telah menerima sebanyak 2.500 orang melalui jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) yang hasil seleksinya telah diumumkan 18 Mei 2020.

Para mahasiswa baru program sarjana dari jalur SNMPTN, Ketua OSIS, PIN, serta kelas Internasional tahap 1 bersama dengan mahasiswa baru program diploma jalur USMI bahkan telah mendapatkan pembekalan berupa Pelatihan 7 Habits for Highly Effective Student pada 5-8 Agustus lalu. Program pelatihan ini  ditujukan untuk mengukur kemampuan, minat dan bakat mahasiswa. 

Sementara itu, jalur mandiri lainnya untuk program sarjana yaitu Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dan jalur Kelas Internasional Gelombang II akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2020. Sementara UTMBK program diploma akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2020.  Seluruh ujian ini dilaksanakan secara online. (sn)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA