Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Sekolah di Tasikmalaya Dibuka Awal September

Jumat 14 Aug 2020 15:48 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah murid mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka / Ilustrasi

Sejumlah murid mengikuti kegiatan belajar secara tatap muka / Ilustrasi

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sekolah di Tasikmalaya akan kembali diizinkan menggelar KBM tatap muka awal September

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mulai akan melakukan verifikasi sekolah tingkat TK hingga SMP untuk dapat kembali menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Rencananya, sekolah di Tasikmalaya akan kembali diizinkan menggelar KBM tatap muka pada awal September.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Budiaman Sanusi mengatakan, pihaknya telah melakukan konsultasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Jabar). Dari hasil konsultasi itu, sekolah tingkat TK hingga SMP boleh dibuka setelah sekolah tingkat SMA sederajat kembali menggelar KBM tatap muka.

"Provinsi katanya mau mulai 18 Agustus untuk SMA dan SMK. Namun, sekolah yang bisa tatap muka hanya yang zona hijau di kecamatan. Syaratnya juga ketat, ada verifikasi," kata dia, Jumat (14/8).

Ia mencontohkan, syarat yang harus dipenuhi sekolah misalnya, memiliki sarana dan prasarana untuk penerapan protokol kesehatan, maksimal satu kelas diisi 50 persen dari kapasitas yang ada, dan hanya guru berusia di bawah 45 tahun yang boleh mengajar. Pihaknya baru akan melakukan verifikasi ke sekolah-sekolah untuk memastikan kesiapannya.

"Kita masih akan melakukan verifikasi. Ini kan akan memakan waktu. Soalnnya di Kota Tasikmalaya ada 230 SD, 70 SMP, dan 90 TK. Kita akan meminta bantuan Gugus Tugas tingkat kecamatan untuk ikut verifikasi," kata dia.

Rencananya, kata dia, jika ada sekolah yang lolos verifikasi, kegiatan KBM tatap muka akan kembali dibuka pada awal September. Pihaknya juga sudah mulai melakukan koordinasi untuk melakukan verifikasi.

"Kita harus ketat. Jangan teledor," kaya dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA