Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Beda Pendapat Soal Logo HUT RI ke-75, Aa Gym Diserang

Jumat 14 Aug 2020 14:32 WIB

Rep: Ali Mansur / Red: Agus Yulianto

Aa Gym: Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menyampaikan tausyiah di Jakarta, Selasa (26/2).

Aa Gym: Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menyampaikan tausyiah di Jakarta, Selasa (26/2).

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Netizen yang tidak sependapat dengan Aa Gym melontarkan kata-kata kasar. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spanduk Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 menuai pro dan kontra, karena dianggap ada simbol salibnya. Abstrak yang mirip simbol salib tersebut terletak disebelah kanan logo 75 dan tulisan Indonesia maju. Salah satu tokoh yang melihat logo tersebut mirip salib adalah KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) yang mengemukakan pendapatnya tersebut melalui laman Instagramnya. 

"Sangat bisa dimaklumi bila jadi perbedaan pendapat. Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 agustus 2020, ini karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar, juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan dan protes," ungkap Aa Gym dalam akun Instagramnya pada Selasa (11/8) lalu.

Selain itu, lanjut Aa Gym, juga bisa dimaklumi jika ada semangat 17-annya sedikit berkurang, karena memang kurang nyaman. Namun bisa jadi pelajaran bagi semuanya dalam situasi sekarang ini. Maka, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru yang tak perlu.

"Semoga ulang tahun ke 75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Allah pencipta kita semua,  amin. Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini," harap Aa Gym.

Namun sangat disayangkan meski Aa Gym sudah sangat santun menyampaikan pendapatnya terkait logo HUT RI ke-75, dia tetap mendapat serangan dan cacian dari netizen yang tidak sependapat dengannya. Bahkan, netizen yang tidak sependapat dengan Aa Gym melontarkan kata-kata kasar. Rata-rata nama akun mereka tampak 'aneh-aneh'. Contohnya, akun dengan nama itsme.as224 menuding Aa Gym berprasangka buruk dan picik. 

Kemudian akun ww_182 yang menulis "percuma dikasih otak kalo kaum ini ya ikut filosofinya kampret. Mau level manapun sama yang diotaknya cuma selangkangan sama bikin ricuh," tulis ww_182. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA