Jumat 14 Aug 2020 11:15 WIB

Dompet Dhuafa Beri Motivasi Spiritual untuk Tenaga Medis

Pemenuhan aspek spiritual sangat penting bagi seseorang agar hidupnya lebih baik

Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan Motivasi Mental dan Spiritual bagi 30 tenaga kesehatan RSUD Pasar Minggu, di ruang aula I lantai 12 RSUD Pasar Minggu, Kamis (13/8).
Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan Motivasi Mental dan Spiritual bagi 30 tenaga kesehatan RSUD Pasar Minggu, di ruang aula I lantai 12 RSUD Pasar Minggu, Kamis (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan Motivasi Mental dan Spiritual bagi 30 tenaga kesehatan RSUD Pasar Minggu, di ruang aula I lantai 12 RSUD Pasar Minggu, Kamis (13/8) lalu. Diadakannya pelatihan ini diharapkan bisa membekali tenaga kesehatan di rumah sakit untuk menguatkan aspek spiritualitas dan movitasi mereka setiap harinya bertugas menangani pasien Covid-19.

Pemateri pertama yang juga sebagai senior ahli Bimbingan Rohani Dompet Dhuafa Isqowi Indadi Masya menyampaikan, sebagai tenaga kesehatan hatinya harus selalu terkoneksi dengan Allah SWT dengan cara memperbanyak dzikir baik secara jahr (jelas) dan khofi (pelan) dalam segala kondisi dan keadaan. “Tujuannya memberikan ketenangan dan kesejukan hati sehingga termotivasi diri untuk selalu dekat dengan -Nya dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien,” tutur Isqowi seperti dalam siaran pers Dompet Dhuafa, Jumat (14/8).

Baca Juga

Dilanjutkan sesi materi kedua oleh Nur Hamid. Ia menyampaikan, pemenuhan aspek spiritual sangat penting bagi seseorang agar hidupnya menjadi lebih baik.

photo
Dompet Dhuafa melalui program Bimbingan Rohani Pasien (BRP) mengadakan pelatihan Motivasi Mental dan Spiritual bagi 30 tenaga kesehatan RSUD Pasar Minggu, di ruang aula I lantai 12 RSUD Pasar Minggu, Kamis (13/8). - (Dompet Dhuafa)

Hal senada juga diungkapkan oleh Asep Saifullah selaku Ketua Rohis RSUD Pasar Minggu. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan acara pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan menangani pasien Covid 19 sampai saat ini. 

"Dimana mereka rentan mengalami stress atas kondisi dan tekanan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Saya berharap materi yang disampaikan bisa diaplikasi oleh para peserta dalam tugas sehari-hari baik di lingkungan rumah dan rumah sakit,” ujar Asep.

Salah satu peserta yang berprofesi sebagai Perawat RSUD Pasar Minggu, Khairunisad, merespons baik kegiatan ini. "Kegiatan ini membuat kami lebih tenang dan nyaman dalam menjalani tugas," ujarnya.

Bimbingan Rohani Pasien (BRP) Dompet Dhuafa sendiri telah terlaksana sejak 2005 dengan bermitra bersama sejumlah rumah sakit. Di antaranya, RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSU Kabupaten Tangerang, RSU Balaraja Tangerang, RSUD Kota Bekasi, RSUD Kota Depok, RS Jiwa Soeharto Heerdjan, RSUD Pasar Minggu, dan beberapa Yayasan Rehabilitasi Ganguan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement