Jumat 14 Aug 2020 10:29 WIB

Yang Termuda dan Tertua Sukses Hafalkan Alquran dari Nol

Ada yang tertua dan termuda sukses hafalkan Alquran dari awal.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ada yang tertua dan termuda sukses hafalkan Alquran dari awal.  Ilustrasi menghafal alquran,
Foto: pxhere
Ada yang tertua dan termuda sukses hafalkan Alquran dari awal. Ilustrasi menghafal alquran,

REPUBLIKA.CO.ID, TOZEUR – Seorang gadis berusia sepuluh tahun berhasil mengkhatamkan hafalan 30 juz Alquran. Ialah Maryam Uthmani, siswa sekolah dasar di provinsi Tozeur, Tunisia. Ia disebut-sebut sebagai penghafal Alquran termuda di Tunisia. 

Dilamsir Iqna.ir pada Jumat (14/8), Uthmani mulai belajar menghafal Alquran sejak usia lima tahun. Dan ia hanya perlu lima tahun untuk menghafal seluruh juz dalam Alquran. 

Baca Juga

Uthmani kini tengah duduk dibangku sekolah dasar kelas empat. Kelebihannya  menghafalkan Alquran membantunya dalam studi di sekolah.  

Selama adanya pandemi Covid-19, Uthmani harus tinggal di rumah. Namun demikian ia mampu menggunakan kesempatan itu untuk meningkatkan keterampilannya menghafal Alquran.

Lain lagi dengan Nahed Muhammad Atiya Ibrahim yang dinobatkan sebagai wanita tertua di Jeddah, Arab Saudi yang berhasil menghafalkan seluruh Alquran.  

Nahed saat ini berusia 68 tahun. Ia mulai mempelajari Alquran dengan mengambil kelas khusus di Institut Darul Huda. Nahed menceritakan bahwa mulanya ia hanya mempelajari beberapa ayat saja setiap hari. Namun demikian seiring berjalannya waktu, ia mampu mempercepat hafalannya itu.   

Nahed mengakui banyak hikmah dengan menghafalkan Alquran. Nahed merasakan menghafal Alquran telah banyak mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Bahkan Nahed mengakui dirinya lebih mudah mentolerir kesulitan dan tantangan hidup. 

Meski telah berhasil menghafalkan Alquran, Nahed tak berpuas diri. Justru Nahed berencana melanjutkan studinya dengan mempelajari tafsir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement