Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Lark Ajak UMKM Bertransformasi Lewat Digitalisasi

Jumat 14 Aug 2020 05:04 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Produk UMKM. (ilustrasi). Lark sebagai alat digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki lima manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

Produk UMKM. (ilustrasi). Lark sebagai alat digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki lima manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

Foto: Republika/Wihdan
Digitalisasi UMKM akan membuat kinerja lebih efisien dan tingkatkan produktivitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permasalahan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif bagi para pelaku usaha di Tanah Air, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Demi bisa bertahan dan berpotensi ekspansi bisnisnya, pelaku UMKM harus mulai beradaptasi untuk mendigitalisasi bisnis mereka. Hal ini bukan hanya memanfaatkan pasar daring maupun adaptasi dari segi pembayaran, melainkan juga juga termasuk cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki pernah mengatakan, valuasi bisnis ekonomi digital Indonesia pada 2025 diperkirakan mencapai 130 miliar dolar AS atau sekitar Rp.1,8 triliun. Valuasi ini bisa tercapai dengan kontribusi pelaku UMKM sebagai salah satu penggerak sektor perekonomian Indonesia, karena sektor UMKM berkontribusi 60,34 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2018. 

Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, VP Lark Commercial Asia Joey Lim, menjelaskan, kebiasaan memanfaatkan platform komunikasi yang terintegrasi, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai. "Dengan masih diberlakukannya pembatasan bepergian, pelaku usaha, termasuk UMKM, diharuskan untuk bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dan cost," kata Joey di Jakarta, Kamis (13/8).

Lark sebagai alat digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki lima manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas. 

Pertama, selalu terhubung tanpa hambatan dengan tim. Kedua, koordinasi tatap muka melalui layar perangkat teknologi. Ketiga, mempersiapkan rencana dan strategi pemasaran bersama meski tidak bertemu. Keempat, pastikan tidak ada pekerjaan yang terlewat dengan fitur kalender. Kelima, sinkronisasikan surat elektronik dengan mudah.

"Setiap fitur yang Lark hadirkan untuk pengguna memang dirancang dengan satu tujuan, yakni memudahkan kolaborasi tim. Dengan kolaborasi dan komunikasi tim yang baik dan efisien, maka produktivitas juga akan meningkat, yang juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan usaha dan bisnis kita," ucap Joey. 

Dia pun mengajak masyarakat untuk bergabung dalam www.larksuite.com guna merasakan sejumlah manfaat yang dapat mendukung efisiensi dan menunjang produktivitas kerja. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA