Jumat 14 Aug 2020 04:06 WIB

Tumbangkan Atletico, RB Leipzig Tantang PSG di Semi Final

Leipzig menumbangkan Atletico dengan skor 2-1 di perempat final Liga Champions.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Ratna Puspita
Pemain RB Leipzig Tyler Adams (kanan) usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid.
Foto: EPA-EFE/Lluis Gene/POOL
Pemain RB Leipzig Tyler Adams (kanan) usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- RB Leipzig berhasil menumbangkan Atletico Madrid dengan skor 2-1 di perempat final Liga Champions, Jumat (14/8) dini hari WIB. Dua gol dari Dani Olmo dan Tyler Adams membawa wakil Jerman lolos semifinal untuk menantang juara Prancis, Paris Saint Germain (PSG). 

Mengadaptasi formasi 4-3-3 otomatis membuat RB Leipzig langsung tancap gas di awal babak pertama. Baru berjalan dua menit, Marcel Harlstenberg langsung mencoba peruntungan dengan sepakan kaki kirinya meski masih melebar ke sisi kana gawang Atletico. 

Baca Juga

Serangan justru membuat Atletico semakin ngotot menekan pertahanan lawan. Yannick Carrasco membuat kejutan ketika tendangan terukurnya mengancam gawang RB Leipzig. Beruntung, sepakan itu berhasil ditepis. 

Kedua tim terus-menerus saling serang tanpa jeda. Beberapa pelanggaran keras juga terjadi antarkubu. Tercatat ada 29 pelanggaran, sebanyak 20 di antaranya disebabkan oleh RB Leipzig. 

Wakil Jerman juga lebih mendominasi penguasaan bola mencapai 52 persen, meski Atletico memakai pola 4-4-2 dengan menumpuk dua gelandang dan dua sayap di lini tengah. 

Pola permainan itu ternyata tidak Atletico tampil lebih efisien karena hanya mencatat lima peluang, tiga di antaranya tepat sasaran. Sementara RB Leipzig berhasil membukukan sembilan peluang demgan lima tepat sasaran.

photo
Pemain RB Leipzig Dani Olmo (kanan) merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid bersama rekan setimnya, Yussuf Poulsen. - (EPA-EFE/Miguel A. Lopes/POOL)

Di babak kedua, masing-masing kubu masih menunjukkan tempo permainan cepat. Dani Olmo menjadi motor serangan RB Leipzig beberapa kali memberi ancaman ke lini pertahanan lawan. Hal serupa juga dilakukan oleh Yannick Carrasco sebagai jenderal lapangan tengah Atletico.

Namun, bencana bagi Atletico terjadi di menit ke-50 ketika RB Leipzig menyusun serangan dari permainan terbuka. Umpan silang Marcel Sabitzer berhasil dituntaskan oleh sundulan Dani Olmo yang gagal diselamatkan Jan Oblak.

photo
Joao Felix mencetak gol ke gawang RB Leipzig untuk membawa Atletico Madrid menyamakan kedudukan 1-1. - (EPA-EFE/Miguel A. Lopes/POOL)

Selepas gol pertama, kedua tim tak lelah saling menyerang satu sama lain. Diego Simeone pun memasukkan Joao Felix untuk mengganti Hector Herrera. Taktik ini terbukti efektif ketika Felix dijatuhkan oleh Lukas Klostermann di kotak terlarang.

Wasit yang menunjuk titik putih tidak disia-siakan oleh Felix sebagai algojo. Tendangan penalti ke arah kiri tidak mampu diselamatkan kiper RB Leipzig. 

Rencana Julian Nagelsmann memasukkan Tyler Adams membawa berkah bagi RB Leipzig. Sebab, pemain asal Amerika Serikat itu mencetak gol kemenangan lewat tendangan keras di luar kotak penalti. 

Leipzig akan menghadapi PSG yang mengalahkan wakil Italia, Atalanta, 2-1, pada laga Kamis (13/8) dini hari WIB. Perempat final Liga Champions masih menyisakan dua laga lainnya, yakni Barcelona melawan Bayern Muenchen Sabtu (15/8) dini hari WIB dan Manchester City kontra Lyon pada Ahad (16/8) dini hari WIB.

photo
Para pemain RB Leipzig merayakan gol pembuka ke gawang Atletico Madrid. - (EPA-EFE/Lluis Gene/POOL)

Susunan Pemain Atletico Madrid Vs RB Leipzig:

Atletico Madrid (4-4-2)

Oblak, Gimenez, Savic, Lodi, Trippier, Saul, Koke, Carrasco, Herrera (Felix '58), Costa (Morata '72), Llorente

RB Leipzig (4-3-3)

Gulasci, Laimer (Adams '72) Halstenberg, Klostermann, Upamecano, Angelino, Kampl, Sabitzer, Poulsen, Olmo (Schick '83), Nkunku (Haidara '83)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement