Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Republikopi Aceh 6: Bekas Pabrik Penanda Besarnya Kopi Aceh

Jumat 14 Aug 2020 01:32 WIB

Rep: Bayu Hermawan/ Red: Sadly Rachman

Bekas pabrik pengolahan kopi di Bandar Lampahan, Aceh

Foto: Republika TV
EMBED
Ekspedisi Republikopi di Tanah Rencong, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BENERMERIAH -- Ada sejarah panjang dibalik keharuman aroma dan nikmatnya kopi Gayo, hingga dikenal bukan cuma di Indonesia namun juga dunia. Salah satu peninggalan sejarah itu, bisa dilihat jika kita berkunjung ke Bandar Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Tidak sulit menemukan sisa pabrik pengolahan kopi di Bandar Lampahan. Jika anda melintas di Jalan Raya Bireun-Takengon, posisi bekas pabrik itu berada tidak jauh dari pintu masuk objek wisata Gunung Burni Telong, atau di depan objek pemandian air panas di Bandar Lampahan.

Tim ekspedisi Republikopi berkesempatan bertemu dengan Munadi, anak ketiga dari Almarhum Tengku Ilyas Leube, yang merupakan pewaris bekas pabrik pengolahan pabrik itu. Kepada tim ekspedisi Republikopi Adhi menceritakan, pabrik ini diberikan ke almarhum orang tuanya oleh pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Munadi pun berharap bangunan bekas pabrik tetap lestari dan perlu perawatan karena menjadi bagian dalam sejarah perkembangan industri kopi di Aceh.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Fakhtar Khairon Lubis, Fian Firatmaja

Fotografer | Thoudy Badai RB

Host | Bayu Hermawan

Video Editor | Atar

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA