Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

KH Athian Heran Makin Banyak yang Berani Menista Agama

Jumat 14 Aug 2020 01:35 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

KH Athian Ali heran sekarang orang-orang semakin berani melakukan penistaan terhadap agama orang lain. Hal ini disampaikannya setelah penangkapan Apollinaris yang kerap melakukan penghinaan terhadap agama Islam dan Nabi Muhammad SAW.

KH Athian Ali heran sekarang orang-orang semakin berani melakukan penistaan terhadap agama orang lain. Hal ini disampaikannya setelah penangkapan Apollinaris yang kerap melakukan penghinaan terhadap agama Islam dan Nabi Muhammad SAW.

Foto: Abdan Syakura
KH Athian sarankan umat Islam lapor ke polisi bila mengetahui ada yang menista agama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI), KH Athian Ali heran sekarang orang-orang semakin berani melakukan penistaan terhadap agama orang lain. Hal ini disampaikannya setelah penangkapan Apollinaris yang kerap melakukan penghinaan terhadap agama Islam dan Nabi Muhammad SAW.

KH Athian juga berpesan kepada umat Islam agar berkoordinasi dengan aparat keamanan bila menemukan kasus penistaan agama. Umat Islam diingatkan agar tidak melakukan tindakan anarkis yang dilarang oleh hukum. 

Untuk itu, ia meminta aparat kepolisian bertindak dengan cepat dan tegas terhadap pelaku penista agama."Kalau aparat nanti tidak segera mengambil sikap tegas, ini yang membuat umat Islam tidak percaya lagi kalau aparat akan mengambil tindakan, nanti umat Islam dengan sangat terpaksa melakukan tindakan sendiri yang menyalahi secara hukum," kata KH Athian kepada Republika, Kamis (13/8).

Terkait penangkapan Apollinaris oleh aparat kepolisian dan warga di Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (8/8). KH Athian melihat yang telah dilakukan ormas Islam sudah tepat dengan menghubungi aparat yang berwenang. 

Artinya tidak ada tindakan anarkis terhadap orang yang melakukan penistaan agama Islam. Insya Allah semuanya paham bahwa negara ini adalah negara hukum

Ia mengingatkan, agama itu sesuatu yang sakral bagi pemeluknya, sehingga orang lain yang tidak seagama dan sekeyakinan hendaknya menghormati keyakinanan agama lain. Supaya tidak mengganggu, menghina, merendahkan dan melecehkan pemeluk agama lain. Agar masyarakat bisa hidup tenteram bersama-sama di negeri ini.

KH Athian juga bertanya-tanya siapa sebenarnya mereka yang melakukan penistaan agama dan apa misi mereka. Meski Apollinaris mengaku beragama Katolik, tapi umat Katolik tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh Apollinaris.

"Maka pesan saya kepada umat Islam jangan terpancing dan jangan sampai melakukan tindakan yang menyalahi hukum di negeri ini, ambil langkah melapor ke aparat (kalau ada penista agama)," ujarnya.

Ia mengatakan, entah siapa yang sedang bermain di belakang peristiwa-peristiwa penistaan agama ini. Satu hal yang pasti umat Islam jangan sampai terpancing melakukan tindakan yang anarkis. Laporkan segera kepada aparat kepolisian agar segera ditangani supaya potensi konflik bisa ditangani.

KH Athian juga berpesan kepada non Muslim yang gemar menghina Islam, karena penghina Islam pasti bukan Muslim. Berhentilah menghina agama orang lain, karena tidak ada untungnya menghina agama Islam.

"Kalau anda tidak yakin (dengan Islam) ya sudah jangan diyakini, silahkan berjalan dengan keyakinan sendiri tanpa harus menghina keyakinan agama lain, sehingga negara ini bisa damai," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA