Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

5 Cara Unik Minum Teh di Dunia

Kamis 13 Aug 2020 22:01 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Teh hijau (ilustrasi).

Teh hijau (ilustrasi).

Foto: PickPik
Rooibos semakin bertambah populer di kancah internasional belakangan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Minum teh merupakan sebuah tradisi kuno yang bermula dari Barat Daya China pada 27 sebelum masehi. Tradisi minum teh kini diadopsi di berbagai belahan dunia dengan cara yang beragam.

Setidaknya ada lima negara yang memiliki cara minum teh unik di dunia. Berikut ini adalah kelima cara minum teh unik tersebut, seperti dilansir di IOL, Kamis (13/8).

1. Jepang - Matcha

Jepang terkenal dengan teh hijaunya. Salah satu jenis teh hijau yang populer di negara tersebut adalah matcha. Di Jepang, matcha telah menjadi bahan yang umum digunakan untuk melengkapi berbagai resep masakan. Umumnya, matcha digunakan sebagai pelengkap resep makanan manis seperti kue, puding, biskuit, cokelat, dan es krim.

Ahli mengungkapkan, tidak semua orang menyukai rasa pahit pada matcha. Menambahkan matcha pada makanan atau minuman manis akan membuat matcha lebih mudah dikonsumsi oleh banyak orang.

2. Afrika Selatan - Rooibos

Rooibos semakin bertambah populer di kancah internasional belakangan ini. Di Afrika Selatan, sebagian besar orang meminum rooibos dalam bentuk seduhan murni tanpa penambahan bahan apa pun. Akan tetapi, sebagian lain kerap meminum teh tersebut dengan tambahan susu.

Bagi penyuka rasa manis, rooibos biasanya akan ditambahkan gula atau bahan pemanis lain seperti madu. Sebagian kecil orang juga suka menambahkan lemon, kayu manis, atau buah-buahan lain untuk menambah rasa pada minuman rooibos mereka.

3. Taiwan - Bubble Tea

Bubble tea merupakan minuman yang juga populer di banyak negara. Minuman khas Taiwan ini dibuat dengan cara mencampurkan teh dengan susu, dan terkadang dengan buah segar atau sari buah. Seperti namanya, minuman ini juga ditambahkan dengan bubble atau boba. Bubble tea biasa disajikan dalam gelas transparan dengan sebuah sedotan untuk menampilkan bubble yang ada di dalamnya. Minuman ini bisa disajikan panas atau dingin, dengan atau tanpa susu. Terkadang, minuman ini bahkan tidak mengandung teh.

4. India - Masala Chai

Masala chai merupakan campuran dari jahe, kapulaga, kayu manis, dan sedikit merica sebagai tambahan untuk memperkuat rasa. Untuk membuat minuman ini, rempah-rempah tersebut dimasukkan ke dalam air yang mendidih bersamaan dengan daun teh hitam dan susu. Minuman ini lalu disajikan dengan tambahan gula.

Tiap rempah yang digunakan dalam membuat teh ini memberikan rasa yang unik pada masala chai. Minuman yang juga populer di berbagai belahan dunia ini bisa disajikan dingin atau hangat, baik sebagai pendamping sarapan atau camilan.

5.  Inggris - Teh Sarapan Inggris

Ahli mengungkapkan, secangkir teh sarapan Inggris yang sempurna dibuat engan air mendidih dengan suhu setidaknya 100 derajat Celsius. Teh sarapan Inggris diseduh selama tiga menit pas, sebelum kemudian disajikan.

Teh sarapan Inggris biasa diminum bersamaan dengan menu makan sarapan. Rasa yang kuat dari teh dapat melengkapi menu sarapan yang lezat, dan bahkan sereal.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA