Kamis 13 Aug 2020 20:35 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Lampung Bertambah Tujuh Orang

Penambahan berasal dari Lampung Selatan, Bandar Lampung, dan Waykanan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pasien positif Covid-19 di Provinsi Lampung bertambah tujuh kasus baru menjadi total 327 orang pada Kamis (13/8). Sedangkan pasien positif sudah sembuh tiga orang,  meninggal dunia masih tetap 13 orang. Data ini dicatat pada periode 18 Maret sampai 13 Agustus 2020.

“Hari ini ada penambahan tujuh kasus baru. Satu orang dari Kabupaten Lampung Selatan, tiga orang dari Kota Bandar Lampung, dan tiga orang lagi dari Kabupaten Waykanan,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana saat konferensi pers di Bandar Lampung, Kamis (13/8).

Dia memaparkan jumlah suspek 798 orang, kasus baru 11 orang, kasus lama 787 orang, kasus konfirmasi positif total  327 orang, kasus baru 7 orang, dan kasus lama 320 orang. Kematian konfirmasi positif 13 orang, selesai isolasi atau sembuh 234 orang, tidak ada penambahan.

Tujuh kasus baru positif Covid-19 di Lampung yakni, pasien 321 laki-laki berusia 18 tahun dari Kabupaten Lampung Selatan. Pasien melakukan perjalanan dari Kota Bekasi ke Lampung. Kondisi saat ini konfirmasi asintomasi atau tidak bergejala. “Saat ini sedang isolasi mandiri,” katanya.

Reihana yang juga kepala Dinas Kesehatan Lampung mengatakan, pasien 322 sampai 324 dari Waykanan, yang merupakan hasil tracing dari pasien 310. Saat ini, sedang menjalani isolasi mandiri di rumah sakit karantina yang ada di Provinsi Lampung.

Selanjutnya, pasien 235 laki-laki 53 tahun dari Bandar Lampung. Pasien ini hasil pelacakan dari pasien 310. Kondisi saat ini pasien tanpa gejala, dan sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien 326 berusia 43 tahun dari Bandar Lampung merupakan hasil tracing dari pasien 318. Saat ini kondisi tanpa gejala dan menjalani isolasi mandiri.

Kemudian pasien 327 berusia 30 tahun dari Bandar Lampung juga merupakan hasil tracing dari pasien 218, pasien tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Reihana mengatakan, untuk pasien yang selesai isolasi atau sembuh ada 3 orang. Yakni, pasien 216 perempuan 57 tahun dari Kabupaten Lampung Selatan, pasien 226 perempuan 32 tahun dari Lampung Selatan, pasien 228 perempuan 8 tahun dari Lampung Selatan.

Dia mengatakan, jumlah pemeriksaan swab yang sudah diperiksa di Lampung totalnya 559 sampel swab dan positif 551 sampel swab. Sedangkan pemeriksaan pada 12 Agustus 2020 sebanyak 155 sampel swab, dan positif baru 7 orang.

Untuk menghadapi gelombang kedua pandemi Covid-19 di Lampung ada tiga strategi agar tidak menambah kasus positif Covid-19 di Lampung. Reihana menyebutkan pertama, meningkatkan kapasitas untuk mendeteksi dengan cara memperluas kontak tracing dan memperluas screening kepada masyarakat.

Kedua, meningkatkan kapasitas untuk mencegah, dengan menggiatkan protokol kesehatan, dan pengawasan pintu masuk ke wilayah Lampung. Ketiga, meningkatkan kapasitas untuk merespons dengan cara meningkatkan pelaksaanaan surveilens dan pelayanan fasilitas kesehatan di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement