Kamis 13 Aug 2020 18:38 WIB

6 Perkara yang Jika Ditanam akan Berbuah Kebaikan Pula

Menanam kebaikan di dunia akan berbalas pula kebaikan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Menanam kebaikan di dunia akan berbalas pula kebaikan. Ilustrasi menanam kebaikan bersahabat (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Menanam kebaikan di dunia akan berbalas pula kebaikan. Ilustrasi menanam kebaikan bersahabat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Untuk dapat menuai kita harus menanam dan yang ditanam bukan hanya tanaman yang tumbuh, tetapi juga bisa berupa kebaikan-kebaikan. Dan kehidupan dunia adalah lahan menanam kebaikan.  

"Hidup adalah lahan untuk menanam kebajikan dan keluhuran budi yang berawal dari rumah," kata Pimpinan Majelis Taklim dan Dzikir Baitul Muhibbin, Habib Abdurrahman Asad Al-Habsyi saat menyampaikan dakwah virtualnya, Kamis (13/8). 

Baca Juga

Di kehidupan dunia yan dijalankan manusia, Habib Abdurrahman Asad Al-Habsyi mencontohkan kebaikan apa saja yang mesti ditanam atau yang mesti dikerjakan. Dalam kehidupan ada beberapa kebaikan-kebaikan yang mesti diperhatikankan.

Pertama, jika anda menanamkan kejujuran, Anda akan menuai kepercayaan. Kedua, jika anda menanam kebaikan, Anda akan menuai sahabat-sahabat.

Ketiga, jika anda menanam kerendahanhatian, Anda akan menuai kebesaran, keempat, jika Anda menanam ketekunan, Anda akan menuai kepuasan. Sedangkan kelima jika Anda menanam pertimbangan, Anda akan menuai perspektif.

Keenam, jika Anda menanam kerja keras, anda akan menuai kesuksesan, kedelapan jika Anda menanam pengampunan, Anda akan menuai perdamaian. 

"Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda tanam sekarang, hal itu akan menentukan apa yang akan Anda tuai nanti," katanya menyarankan. 

قَالَ الْحَافِظُ ابْنُ رَجَبٍ :  إِنَّ الْإِنْسَانَ يَزْرَعُ بِقَوْلِهِ وَعَمَلِهِ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ثُمَّ يَحْصُدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَا زَرَعَ ، فَمَنْ زَرَعَ خَيْرًا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ حَصَدَ الْكَرَامَةَ وَمَنْ زَرَعَ شَرًّا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ حَصَدَ النَّدَامَةَ 

Al-Hafidz Ibnu Rojab berkata : 

"Sesungguhnya manusia itu dia akan menanam kebaikan atau menanam keburukan dengan ucapannya, kemudian dia akan menuai pada hari kiamat apa yang telah dia tanam.

Barangsiapa yang menanam kebaikan berupa ucapan atau amalan dia pasti menuai kemuliaan, dan barangsiapa yang menanam keburukan berupa ucapan atau amalan besok dia akan menuai penyesalan.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement