Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Friday, 8 Safar 1442 / 25 September 2020

Studi: Minuman Panas Bikin Suhu Tubuh Tetap Sejuk

Kamis 13 Aug 2020 12:17 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Teh panas

Teh panas

Foto: pixabay
Minuman panas seperti teh dan kopi lebih efektif menjaga suhu tubuh tetap dingin.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Sejumlah negara saat ini sedang merasakan hawa panas. Kondisi itu membuat orang-orang ingin menikmati sesuatu yang menyegarkan.

Pikiran kita mungkin langsung tertuju pada minuman dingin. Namun, ternyata minuman panas seperti teh dan kopi justru lebih efektif menjaga suhu tubuh tetap dingin.

Peneliti dari University of Ottawa melakukan penelitian pada 2012 yang mengamati pengaruh minuman panas terhadap suhu tubuh. Dilansir di Birminghammail.com, Kamis (13/8), hasil penelitian menunjukkan minuman panas paling baik untuk mendinginkan tubuh, tapi jika kondisinya kering dan lembap.

"Jika Anda mengonsumsi minuman panas, itu menghasilkan jumlah panas yang lebih rendah di dalam tubuh, asalkan keringat yang dihasilkan saat meminumnya dapat menguap," kata salah satu penulis studi, Ollie Jay.

Dia mengatakan kondisi berkeringat yang menguap artinya mendinginkan tubuh. Keringat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap dingin. Keringat yang menguap dari kulit mengandung arti panas berlebihan akan hilang dengan mengubah air dari cairan menjadi uap.

Namun, jika kondisinya lembap, efeknya berbeda, sehingga minum teh atau kopi panas tidak akan membantu. "Pada hari yang sangat panas dan lembap, jika Anda mengeluarkan terlalu banyak keringat dan tidak menguap dari permukaan kulit, lalu minum minuman panas adalah hal yang buruk," ujar Jay.

Minuman panas tetap menambah sedikit suhu tubuh. Jadi jika keringat tidak menguap, maka minumlah minuman dingin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA