Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Kalahkan Stres Selama Pandemi dengan Kebiasaan Ini

Kamis 13 Aug 2020 10:07 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan hidup sehat (ilustrasi).

Kebiasaan hidup sehat (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Pandemi memaksa orang untuk menyadari pentingnya makan dengan benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menimbulkan tekanan. Tidak hanya mengakibatkan pola tidur yang tidak teratur, tapi juga menyebabkan kebiasaan makan yang buruk.

Jika diteruskan, kebiasaan tersebut bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. "Makanan yang kita makan adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap pengembangan sistem kekebalan yang kuat dan holistik," ujar CEO, FruitBox & Co, Rishi Sakhuja, seperti dilansir di laman Indian Express, Kamis (13/8).

Meskipun rutinitas dan kebiasaan makan berubah-ubah, namun kini dia melihat  orang-orang semakin peduli tentang kualitas dan sifat produk makanan yang mereka konsumsi setiap hari. Ada fokus ekstensif yang ditempatkan pada sumber dan keluaran nutrisi dari makanan yang mereka makan. "Penting untuk mengingat dasar-dasarnya karena inilah yang meletakkan dasar untuk rutinitas yang sehat," ujarnya.

Sakhuja menyarankan beberapa hal sederhana yang perlu diingat jika Anda berencana beralih ke pola makan sehat:

1. Makanan rumahan

Pandemi memaksa orang untuk menyadari pentingnya makan dengan benar. Makanan rumahan cukup sehat serta bebas dari pengawet dan garam berlebihan. Pastikan Anda menggunakan minyak dan bahan-bahan segar untuk mendapatkan hasil maksimal dari makanan rumahan Anda.

2. Sayur dan buah

Tidak mengherankan jika pola makan yang sehat berkontribusi pada kesehatan tubuh dan pikiran. Orang-orang di seluruh dunia menerapkan pola makan kaya nutrisi yang terdiri dari buah-buahan segar, sayuran hijau, dan lainnya. Pandemi membuat permintaan makanan saji, kalengan, dan olahan menurun tajam.

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan semua nutrisi penting untuk melawan penyakit. Misalnya saja makanan yang kaya vitamin C dan E yang membantu tubuh tidak hanya melawan infeksi tetapi juga mengurangi risiko penyakit lainnya.

3. Diet seimbang

Masa lockdown mengajari banyak orang pengalaman berharga tentang diet serta menghargai praktik gaya hidup yang baik, seimbang, dan sehat. Pola makan yang mencakup semua nutrisi yang diperlukan adalah pilihan terbaik bagi kita saat ini. Makanan kaya nutrisi tidak hanya bertindak sebagai sumber energi alami yang hebat bagi tubuh tetapi juga menyediakan vitamin, mineral, dan serat penting untuk membantu menghindari penyakit kronis dan penyakit menular.

Sebelum pandemi, Anda mungkin jarang menyempatkan diri untuk berhenti sejenak di antara kesibukan kerja. Hal ini dapat menyebabkan stres atau makan berlebihan. "Mengonsumsi campuran optimal buah-buahan segar, salad, dan sayuran hijau sangat dibutuhkan tubuh untuk ketenangan pikiran," kata Sakhuja.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA