Kamis 13 Aug 2020 09:04 WIB

Rapor Cerah dan Kelam pada Laga PSG Vs Atalanta

PSG mengalahkan Atalanta 2-1 lewat dua gol telat.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
 Neymar dari PSG (kanan) dan penjaga gawang Atalanta Marco Sportiello beraksi selama pertandingan sepak bola perempat final Liga Champions UEFA antara Atalanta dan Paris Saint-Germain di Lisbon, Portugal 12 Agustus 2020.
Foto: EPA-EFE/Rafael Marchante
Neymar dari PSG (kanan) dan penjaga gawang Atalanta Marco Sportiello beraksi selama pertandingan sepak bola perempat final Liga Champions UEFA antara Atalanta dan Paris Saint-Germain di Lisbon, Portugal 12 Agustus 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LISABON -- Paris Saint-Germain (PSG) berhasil lolos ke semifinal Liga Champions setelah mengalahkan Atalanta 2-1 di Estadio da Luz, Lisabon, Kamis (13/8) dini hari WIB. Les Parisiens membalikkan setelah sempat tertinggal 0-1 hingga menit ke-89. 

Neymar dan Kylian Mbappe berkali-kali gagal memanfaatkan kesempatan emas untuk menjebol gawang lawan. Beruntung, Marquinhos dan Eric Maxim Choupo-Moting menyumbang dua gol yang cukup untuk melahirkan kemenangan dan mengantarkan PSG ke semifinal. 

Baca Juga

Bleacher Report merangkum empat pemain yang dinilai layak mendapat catatan gemilang dan kelam, masing-masing dua sosok dari PSG dan Atalanta. Berikut daftarnya:

Rapor Positif

Kylian Mbappe

Walaupun gagal mengonversi peluang emas menjadi gol, Mbappe adalah salah satu pemain kunci dalam pertandingan tersebut. 

Saat striker berusia 21 tahun itu masuk di menit ke-60, ia merupakan pemberi assist penentu dalam gol Choupo-Moting di akhir laga. Selama bertanding, ia mencatat 28 sentuhan, dua tendangan tepat sasaran dan satu assist. Akselerasi Mbappe di sisi kiri membuat pertahanan Atalanta kerepotan.

Neymar

Sebelum mencatat satu assist di gol pertama, performa Neymar dinilai sangat buruk karena berkali-kali gagal memanfaatkan peluang emas. 

Namun sejak kehadiran Mbappe, Neymar menjelma menjadi salah satu penentu kemenangan timnya. Ia mencatat 16 dribel, empat operan kunci, dua tendangan tepat sasasran dan satu assist. Neymar melepas operan kunci kepada Mbappe yang berujung gol Choupo-Moting.

Rapor Negatif

Jose Luis Palomino

Palomino adalah salah satu bek Atalanta yang dianggap tampil buruk dalam laga semalam. Ia hanya terdiam ketika Choupo-Moting memberi umpan kepada Neymar dalam proses gol pertama karya Marquinhos. 

Tiga menit berselang, posisinya terlalu jauh sehingga membiarkan Mbappe bisa berlari bebas di sisi kiri dan memberi umpan ke arah Choupo-Moting. 

Gian Piero Gasperini

Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini harus bertanggung jawab dalam kekalahan ini. Sebab, keputusannya dalam memasukkan pemain cadangan dianggap keliru karena membuyarkan pola permainan La Dea. 

Alejandro 'Papu' Gomez  ditarik keluar pada menit ke-59 sehingga tidak ada tekanan di lini pertahanan PSG. Ruslan Malinovskiy yang menggantikan Papu pun hanya mencatat 14 sentuhan tanpa bergerak banyak ke depan. 

Satu-satunya pencetak gol Atalanta, Mario Pasalic juga diganti oleh Luis Muriel yang tidak memberi dampak signifikan terhadap tim. Gasperini mengeluarkan dua pemain depan andalan mereka sehingga Atalanta tidak mampu memperlebar keunggulan atau setidaknya memberikan rasa tak aman bagi PSG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement