Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Billy: Kuliner Jadi Jalan Bagi Millenial Sukses di Usia Muda

Kamis 13 Aug 2020 04:04 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Perencanaan bisnis/ilustrasi

Perencanaan bisnis/ilustrasi

Foto: gainesvillechamber.com
Pecinta kuliner tak harus selalu memposisikan diri sebagai konsumen.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Pecinta kuliner diminta jangan hanya bisa menyalurkan hobinya dengan mencicipi berbagai makanan yang menggugah selera. Billy Margono membuktikan bahwa menjadi pecinta kuliner bukan hanya selalu soal menjadi konsumen. Lebih dari itu, juga bisa menciptakan konsumen. 

Berangkat dari kecintaanya terhadap kuliner, Billy tergugah menciptakan bisnis dibidang kuliner. Selain pemilik sekaligus pendiri dari Gama Food Center, ia juga menjadi pimpinan Gama Group, induk perusahaan yang terdiri dari berbagai bidang, seperti jaringan apotek dan alat kesehatan, florist, dan usaha lainnya.

Tentu saja, kesuksesan dari pengusaha muda yang akrab dipanggil Billy ini tak terjadi dalam semalam. Dalam unggahan instagram, ia membagikan kisahnya yang merintis bisnis dari nol. Rupanya Billy mengawali bisninya dengan mengreasikan minuman kemasan yang sedang nge-hits kala itu, yaitu Pam-Pam Thai Tea.

 “Well. Balik ke tahun 2017 awal pas gue habis lulus dari Aussie, gue galau banget tentang tujuan hidup dan gimana caranya berbisnis. Cuman gue tetap buat jalanin usaha thai tea @pampamtea dan akhirnya gue ngeberaniin dulu buat lepas semua gengsi gue, mulai usaha ini dari nol,” cerita dia.

photo
Pengusaha muda Tanah Air Billy Margono. - (Dok. Pri)
Berbekal keyakinan dan tekadnya yang kuat mengejar mimpinya, Billy kemudian melebarkan sayap bisnis kuliner dengan menjual emping melinjo. Ada bentuk dan rasa menarik, kuliner selalu menjadi inspirasi utamanya untuk selalu mengembangkan bisnis.

Tidak berhenti disitu,  ia kemudian mendirikan bisnis kuliner lagi, yaitu Ayam Geprek Bossque. “Menga ayam geprek?. Sebenarnya, ayam geprek itu transformasi dari ayam penyet. Dan saya yakin, hampir setiap orang menyukai masakan olahan ayam, khususnya ayam geprek ini. Belajar terus, lakukan inovasi, dan revolusi untuk mengembangkan potensi yang sudah ada. Kemudian kalaupun ada potensi lain yang juga bagus, langsung hajar! ” ujar Billy.

Perkembangan bisnisnya yang pesat membuat Billy melesat. Berkat kerja keras dan keuletannya, kini ia memiliki beberapa unit bisnis yang masih berkembang hingga sekarang. Ia mendirikan Gama Food Center yang berlokasi di Jl. Kolonel Tb. Suwandi, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Ketangguhannya menghadapi perjalanan bisnis yang bertubi-tubi, menjadikan Billy pengusaha kuline sukses di usia muda. Ia pun membagikan pesan yang sangat inspiratif untuk para kaum millenial di akun instagramnya.

"Jangan pernah mennyerah, jangan pernah dengerin kata orang, belum tentu hidup mereka benar. Biasanya sih yang suka nyinyirin orang, mereka pasti di bawah kalian kok. Karena orang yang sudah sukses tidak pernah ada waktu untuk nyinyirin orang atau ngomongin orang,” kata dia dengan tegas dalam uggahan instagramnya @billymargono.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA