Kamis 13 Aug 2020 01:59 WIB

Bantu UMKM Selama Pandemi, Shopee Kucurkan Stimulus Rp 100 M

UMKM dinilai perlu pindah dari berbisnis secara offline ke online

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Produk kerajinan UMKM.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Produk kerajinan UMKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai perlu pindah dari berbisnis secara offline ke online. Tujuannya agar dapat bertahan, terutama di tengah pandemi ini.

"Jualan online cenderung bisa bertahan," ujar Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo dalam webinar pada Rabu (12/8). Shopee Indonesia, lanjutnya, juga berupaya membantu UMKM memasarkan produknya.

Baca Juga

Ia menyebutkan, pada Maret sampai April lalu, total stimulus yang dikucurkan perusahaan ke UMKM yang melakukan penjualan di Shopee mencapai Rp 100 miliar. Sejak bulan lalu hingga awal Agustus, Shopee Indonesia pun mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Untuk modal bisnis (UMKM), kita mengarahkan mereka ke Himbara (Himpunan Bank-bank Negara). Jadi mereka mendapat pinjaman dalam bentuk KUR (Kredit Usaha Rakyat)," ujar Radityo.

Menurutnya, di tengah situasi ini, penting bagi semua pihak saling bergotong royong menyikapi perubahan signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Termasuk keberlangsungan bisnis pelaku UMKM.

Melalui gerakan Shopee Bersama UMKM, lanjut dia, Shopee turut bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintahan. Gerakan tersebut tidak hanya melalui program edukasi, pelatihan SME Go-Online, dan dukungan stimulus yang telah dihadirkan, tetapi juga memberikan solusi dalam menjaga keberlangsungan bisnis UMKM.

Berikutnya, kata Radityo, Shopee hadir lewat berbagai program dukungan lanjutan lainnya. Meliputi Program Ekspor 'Dari Lokal untuk Global'. "Shopee berkomitmen mendukung dan memperluas jangkauan pasar dari produk-produk lokal berstandar global terkurasi melalui program ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina," jelasnya.

Hingga saat ini, kata dia, Shopee telah mendukung 20 ribu UMKM binaan di dalam kanal khusus Kreasi Nusantara. Shopee berkomitmen memperluas jangkauan selanjutnya ke semua negara tempat Shopee beroperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement