Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Perbandingan Spesifikasi Xbox Series X Vs Playstation 5

Kamis 13 Aug 2020 05:46 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Sony PS5 vs Xbox Series X

Sony PS5 vs Xbox Series X

Foto: future
Xbox Series X dan PlayStation 5 sama-sama akan dirilis musim liburan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini penggemar gim akan dimanjakan dengan dua konsol baru. Xbox Series X dan PlayStation 5 adalah konsol gim generasi berikutnya yang akan datang dari Microsoft dan Sony.

Dua perusahaan tersebut telah mengonfirmasi masing-masing perangkatnya akan rilis pada musim liburan 2020. Artinya perangkat ini bisa meluncur antara Oktober hingga Desember.

Saat akan memilih konsol PS5 dengan Xbox Series X, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Yakni tentang kekuatan, kecepatan dan visual hingga spesifikasi internal.

Baca Juga

Dilansir dari Tech Radar, Rabu (12/8), berikut ini perbandingan spesifikasi keduanya":

PS5
PS5 akan menjalankan versi custom-built dari chipset AMD ryzen generasi ketiga yang dikemas dalam delapan core dengan arsitektur Zen 2 baru dan grafis Navi. CPU akan bekerja pada 3.5GHz.

GPU menawarkan 36 unit komputasi yang berjalan pada 2.23Ghz dan menawarkan 10.28TFLOP . Bagian tersebut dipasangkan dengan GDDR6 16 dengan bandwith 448GB/dtk. Ini adalah sistem yang akan dapat mendukung pelacakan sinar. PS5 juga akan mendukung resolusi layar hingga 8K.

PS5 akan bekerja pada kecepatan refresh 120Hz yang memungkinkan pergerakan yang sngat mulus dalam gim. Elemen paling menarik dari Sony adalah komitmennya untuk menggunakan penyimpanan SSD.

SSD di PS5 akan menjadi perangkat keras yang dibuat khusus dan menawarkan penyimpanan hingga 825GB dengan raw throughput 5,5GB/dtk (dan data terkompresi hingga 9GB/dtk). Dengan semua fitur baru ini, tidak mengherankan jika Sony telah mengonfirmasi controller DualShock 4 lama tidak akan berfungsi dengan gim eksklusif baru PS5.

Xbox Series X

GPU Xbox Series X menawarkan kinerja komputasi 12 teraflop dengan 3.328 shader dialokasikan untuk 52 unit komputasi. Ini akan berjalan pada 1.825GHz yang terkunci.

Tidak seperti kebanyakan GPU, yakni tidak akan berfluktuasi antar kecepatan. Sebaliknya, ini akan memberikan kecepatan clock yang sama terlepas dari suhu unit atau gim yang dimainkan.

Prosesornya adalah CPU AMD Zen 2 yang disesuaikan dengan delapan inti core dan 16 utas. Menariknya, pengembang dapat memilih menonaktifkan multithreading simultan (SMT) untuk mencapai kecepatan puncak 3.8GHz atau mencapai kecepatan dasar 3.6Ghz sat diaktifkan.

Xbox Series X dapat menjalankan konten (jika bukan gim) pada resolusi 8K dan mendukung kecepatan refresh 120Hz pada 4K. RAM standar akan menjadi variasi GDDR6, dengan Xbox Series termasuk 16 GB (peningkatan dari GDDR5 12GB Xbox One X).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA