Rabu 12 Aug 2020 17:23 WIB

Facebook Gunakan Animasi dalam Kampanye #NyamandiSosmed

Facebook gandeng animator lokal pencipta karakter 'Si Nopal' dan 'Dalang Pelo'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Facebook gandeng animator lokal pencipta karakter 'Si Nopal' dan 'Dalang Pelo' dalam kampanye #NyamandiSosmed (Foto: ilustrasi Facebook)
Foto: AP
Facebook gandeng animator lokal pencipta karakter 'Si Nopal' dan 'Dalang Pelo' dalam kampanye #NyamandiSosmed (Foto: ilustrasi Facebook)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook dan Instagram meluncurkan kampanye edukasi publik di Indonesia, #NyamandiSosmed selama sebulan mendatang. Kampenye itu bertujuan mengajak warga digital memahami lebih jauh tentang kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman saat berada di Facebook dan Instagram.

Kampenye tersebut mengajak warga digital memanfaatkan ragam fitur untuk membangun komunitas. Kemudian, menjadikan interaksi di ranah daring lebih bermakna dan menyenangkan.

Baca Juga

Public Policy untuk Facebook di Indonesia, Karissa Sjawaldy, Facebook Indonesia mengajak masyarakat di Indonesia untuk memanfaatkan fitur-fitur keamanan di Facebook dan Instagram. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat menikmati pengalaman di ranah daring secara optimal.

“Bagi kami di Facebook penting untuk menjaga interaksi orang di Facebook dan Instagram dengan aman dan nyaman,” kata Karissa dalam peluncuran virtual Kampenya #NyamandiSosmed, Rabu (12/8).

Ada beberapa program yang dibuat dalam kampanye #NyamandiSosmed, yakni Facebook dan Instagram berkolaborasi dengan komikus muda Indonesia, Naufal Faridurrazak, yang dikenal lewat karyanya, Si Nopal. Bersama Cuty, Abah Enol, dan Bunda, Nopal akan menampilkan serial animasi tentang bagaimana menjadi warga digital yang cermat saat menggunakan paltform digital.

Animasi Si Nopal akan mengulas tentang tips dan trik mudah mengetahui berita palsu atau misinformasi, cara melindungi akun media sosial dari pembajakan atau penipuan, serta pentingnya bersikap bijak sebelum membagikan informasi atau berita. Serial Si Nopal akan tayang di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, serta di halaman Facebook Indonesia.

Selain membagikan tips tentang bagaimana bersikap lebih bijak saat menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram juga bekerja sama dengan Nur Alif Ramadhan (animator Dalang Pelo). Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri akan membagikan tips dan trik mengenai akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif.

Karissa mengatakan, melalui kolaborasi, animasi yang disuguhkan ingin berpesan kepada masyarakat untuk ebih cermat dan bijak saat menggunakan media sosial. Dengan begitu, warga digital bisa menyebarkan konten yang positif dan bermanfaat.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement