Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

5 Drama Korea yang Sukses Diadaptasi Negara Lain

Rabu 12 Aug 2020 15:01 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan di serial

Salah satu adegan di serial "She Was Pretty".

Foto: MBC.
Indonesia menjadi salah satu negara yang mengadaptasi drama Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Adaptasi terhadap sebuah karya sering dijumpai di industri hiburan. Tak terkecuali terhadap drama Korea (drakor).

Beberapa serial drama asal Negeri Ginseng dibuat ulang oleh negara lain, termasuk Indonesia. Meski ada penyesuaian, namun materi cerita tak diubah. Berikut beberapa judul drakor yang sukses diadaptasi oleh negara lain seperti dilansir di laman South China Morning Post:

1. "She Was Pretty" di China

photo
Salah satu adegan di serial drama She Was Pretty. - (MBC)
Dua tahun setelah aktor Park Seo-joon dan Hwang Jung-eum membintangi drama "She Was Pretty", sebuah drama adaptasi China meraih kesuksesan pada 2017. Kala itu, drama adaptasi tersebut menduduki peringkat teratas. Pretty Li Huizhen berperan sebagai tokoh utama perempuan yang "kehilangan" pesonanya saat dewasa. Padahal saat kecil dia sangat dipuji oleh teman-temannya. Saat dewasa, dia bertemu seorang teman lama yang tidak mengenalinya.

2. "Signal" di Jepang

photo
Salah satu adegan di serial drama Signal. - (TvN)
Jepang mengadaptasi drama "Signal" dari Korea dengan judul yang sama. Di Jepang, drama ini tayang pada 2018. Serial asli yang tayang pada 2016 ditulis oleh Kim Eun-hee dan merupakan drama Korea dengan rating tertinggi ke-10 di televisi kabel. Serial tersebut menceritakan tentang seorang petugas polisi dari masa lalu yang menggunakan walkie-talkie mistis untuk berkomunikasi dengan seorang kriminalis yang hidup lebih dari satu dekade ke depan.

3. "Oh My Ghost" di Thailand

photo
Salah satu adegan di serial Oh My Ghost. - (TvN.)
Thailand dikenal dengan banyak adaptasi drama Korea. Namun ada salah satu yang paling terkenal yaitu "Oh My Ghost". Drama ini menceritakan tentang perempuan yang bekerja di salah satu restoran. Dia yang sangat pemalu jatuh cinta kepada atasannya. Sebuah peristiwa membuatnya dirasuki oleh sesosok hantu. Kepribadiannya pun berubah, dari yang pemalu menjadi penuh percaya diri dan sedikit agresif.

4. "Discovery of Love" di Vietnam

photo
Salah satu adegan di drama Discovery of Love. - (KBS)
Drama yang diproduksi oleh KBS ini meraih peringkat teratas di Korea. Remake tersebut ditayangkan di televisi Vietnam dengan judul "The Day We Fell in Love". Serial versi Vietnam memenangkan penghargaan kategori aktor terbaik dan sutradara terbaik di Festival Televisi Nasional ke-38 pada 2018.

5. "Tunnel" di Indonesia

photo
Salah satu adegan di serial Tunnel. - (OCN.)
Serial populer "Tunnel" pada 2017 bercerita tentang pembunuhan berantai Hwaseong ini dibuat ulang di Indonesia. Adaptasi ini menjadi salah satu produksi untuk layanan streaming Goplay. "Hal seperti ini, sebuah adaptasi, adalah sesuatu yang cukup baru di Indonesia," kata produser Base Entertainment, Tanya Yuson. Serial baru ini memiliki daya tarik lokal bagi pemirsa dan menampilkan pembunuhan fiksi di Yogyakarta.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA