Rabu 12 Aug 2020 12:07 WIB

Xbox Series X akan Dirilis November 2020

Xbox Series X lebih dua kali lebih kuat dari Xbox One X.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi Xbox)
Foto: Public Domain Pictures
(Foto: ilustrasi Xbox)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri konsol generasi baru Microsoft, Xbox Series X akan dirilis pada November 2020. Perangkat ini mengikuti peluncuran asli Xbox One pada 2013 dan rilis Xbox One S dan peningkatan Xbox One X masing-masing pada 2016 dan 2017.

Spesifikasi

Baca Juga

Microsoft telah resmi meluncurkan spesifikasi lengkap Xbox Series X. Perangkat tersebut akan menggunakan CPU kustim AMD Zen 2 dengan 8 core dan 16 thread @ 3.8 GHz, GPU kustom AMD RDNA 2 12 teraflop dengan 52 CU @1.825 GHz, RAM GDDR6 16 GB yang berjalan pada bandwith 10GB @560 GBps dan 6GB @ 336 GBps, SSD NVMe 1TB  dengan slot untuk kartu ekspansi SSD 1TB berpemilik opsional dan drive optik Blu-ray 4K.

Xbox Series X juga akan menampilkan port USB untuk aksesoris dan hard drive eksternal. Menurut Digital Foundry, semua spesifikasi ini membuat Xbox Series X lebih dua kali lebih kuat dari Xbox One X, dengan kemampuan menjalankan empat sesi gim Xbox One S secara bersamaan di waktu yang sama.

Ide di balik spesifikasi ini adalah untuk memungkinkan Xbox Series X mendukung gameplay 8K atau 120 fps untuk beberapa judul tertentu.

Perangkat juga mendukung teknologi kecepatan penyegaran variabel, yang memungkinkan konsol untuk secara otomatis mengubah kecepatan penyegaran berdasarkan TV atau monitor yang disambungkan untuk menghindari tearing dan ghosting.

Pada catatan serupa, variable rate shading technology juga dikonfirmasi untuk Xbox baru yang akan memungkinkan pengembang mendedikasikan bagian tertentu dari GPU untuk efek tertentu, memungkinkan untuk frame rate yang lebih stabil pada resolusi tinggi.

Controller XboX Series X diatur agar sebagian besar identik dengan Controller Xbox One, selain dari beberapa peningkatan. Entri blog mengumumkan controller mengatakan ukuran dan bentuknya telah disempurnakan untuk mengakomodasi lebih banyak orang.

Controller baru juga tampaknya mencatat dari controller PS4 dengan menyertakan tombol share khusus. Pemicu dan fitur bumper menampilkan hasil akhir matte baru, dan bumper menyertakan tekstur titik baru. D-pad telah didesain ulang agar lebih cocok dengan controller Xbox Elite Series 2.

Kemungkinan harga awal mulai perangkat ini mulai dari 499 dolar Amerika Serikat (AS) hingga 550 dolar AS. Kendati demikian, Microsoft belum merilis infomasi harga untuk perangkat ini.

Selain itu, dilansir dari  Toms Hardware, Rabu (12/8),  Microsoft juga telah mengonfirmasi bahwa semua eksklusif untuk Xbox Series X juga akan dapat dimainkan di Xbox One dan PC. Namun, ini mungkin berubah di masa depan karena Kepala Studio Game Xbox Matt Booty hanya mengonfirmasi janji untuk “tahun depan, dua tahun”. Itu mungkin karena Microsoft tidak ingin Xbox One menahannya karena pengembang semakin dekat dengan Seri X.

Daftar gim Xbox Series X

Xbox telah berjanji Xbox Series X akan memiliki lebih dari 100 judul saat diluncurkan.  Daftar gim yang dikonfirmasi untuk Xbox Series X di antaranya adalah  Dragon Quest XI, Exomecha, Watch Dogs Legion, Echo Generation, Balan Wonderland, Halo Infinite, State of Decay 3, Unnamed Forza Motorsport game, Everwild, The Outer Worlds: Peril on Gorgon, Tell Me Why,  Ori and the Will of the Wisps (dioptimalkan untuk Xbox Series X), Grounded, Avowed, As Dusk Falls, Senua’s Saga: Hellblade 2, Psychonauts II, Destiny 2 (dioptimalkan untuk Xbox Series X), S.T.A.L.K.E.R 2 dan lain sebagainya.

Xbox Series X berfokus pada orientasi vertikal dan eksterior hitam tanpa fitur dengan getaran “monolit dari 2001: A Space Odyssey” yang besar. Meskipun dapat ditempatkan secara horizontal, desain persegi panjangnya lebih menyerupai Menara komputer daripada konsol gim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement