Rabu 12 Aug 2020 09:33 WIB

Pijat, Aromaterapi, dan Merawat Diri Bisa Redakan Stres

Jalani banyak peran, perempuan Indonesia rentan alami stres.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Agar merasa lebih segar, relaks, dan kembali bersemangat, coba dipijat di sekitar belakang leher dan kulit kepala. Selain itu, mencium wewangian yang menenangkan dan merawat diri juga bisa membantu meredakan stres.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Agar merasa lebih segar, relaks, dan kembali bersemangat, coba dipijat di sekitar belakang leher dan kulit kepala. Selain itu, mencium wewangian yang menenangkan dan merawat diri juga bisa membantu meredakan stres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 50 persen dari perempuan Indonesia memiliki multiperan, seperti peran sebagai pekerja di kantor sekaligus ibu dan istri di dalam keluarga. Beragamnya peran yang harus dijalani tak jarang membuat perempuan merasa stres.

Data menunjukkan bahwa 84 persen perempuan Indonesia merasa stres. Salah satu pemicu stres ini adalah tekanan terhadap diri sendiri karena merasa semua peran harus dijalani dengan sempurna.

Baca Juga

"Tuntutan harus sempurna, semua peran harus baik, jadi tekanan untuk diri sendiri karena ingin segala sesuatu berjalan dengan lancar," ungkap psikolog klinis Tara de Thouars BA MPsi saat peluncuran varian ukuran baru sampo dan kondisioner Hairspa dari L’Oreal Professionnel di Jakarta, pekan lalu.

Tara mengungkapkan ada tiga hal yang bisa dilakukan oleh perempuan untuk merasa lebih segar, relaks, dan kembali bersemangat. Berikut ini adalah ketiga hal tersebut.

Pijat

Ketika seseorang merasa kewalahan atau berpikir terlalu banyak, otak akan mengeluarkan hormon stres. Hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi tegang, khususnya di bagian kepala dan leher.

Pijatan di sekitar belakang leher dan kulit kepala akan sangat membantu dalam memberikan efek relaksasi. Studi dalam The Journal of Physical Therapy Science pada 2016 juga menunjukkan bahwa pijatan di kepala mampu mengurangi hormon stres hingga 40 persen.

"Teknik pijatan yang tepat akan mengurangi beban berlebih yang berada di leher atau kepala ketika seseorang terlalu lelah menjalankan beberapa kegiatan sekaligus," ungkap Tara.

Mencium wewangian yang menenangkan

Wewangian juga dapat membantu seseorang untuk merasa lebih baik. Aroma yang menenangkan seperti aromaterapi dapat membangunkan fungsi indera penciuman sehingga suasana hati akan terasa lebih baik.

"Kalau mencium sesuatu yang enak membuat mood kita jauh lebih positif. Mood terasa lebih enak sehingga membantu kita menjalani aktivitas harian," tutur Tara.

Merawat diri

Hal lain yang dapat membantu seseorang merasa lebih segar, relaks, dan bersemangat adalah merawat diri. Salah satu bentuk merawat diri yang bisa dilakukan adalah merawat rambut dan kulit kepala, seperti melakukan spa rambut.

Ketika seseorang merasa dirinya terawat, orang tersebut akan memiliki perasan yang baik. Hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik lagi.

"Kegiatan merawat diri juga bisa menjadi bentuk apresiasi yang membuat kita jadi lebih bersemangat menghadapi rutinitas," ujar Tara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement